Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Solar Langka akibat Pasokan Terhenti
Oleh : ron/dd
Senin | 19-11-2012 | 14:01 WIB
amsakar-ahmad.gif Honda-Batam
Amsakar Ahmad, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam.

BATAM, batamtoday - Amsakar Ahmad, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam membantah adanya kelangkaan solar. Antrian panjang di sejumlah SPBU lebih dikarenakan distribusi dari Pertamina yang terhenti saat hari libur.


"Solar tidak ada persoalan, kuotanya masih cukup. Hasil pantauan kita ke lapangan di sejumlah titik SPBU antrian terjadi karena saat hari libur, distribusi solar ke SPBU terhenti," kata Amsakar saat dikonfirmasi batamtoday, Senin (19/11/2012).

Akan tetapi yang jadi persoalan malah pada BBM jenis premium yang pemakaiannya cukup tinggi belakangan ini akibat dari semakin tingginya jumlah kendaraan yang ada di Batam.

"Yang jadi masalah itu premium. Pertumbuhan kendaraan cukup pesat, pemakaian jadi tinggi," ujarnya.

Untuk itu, Disperindag saat ini sedang memikirkan formula untuk mengatasi hal itu dengan membagi pemakaian premium berdasarkan CC kendaraan. Bagi kendaraan yang memiliki CC tinggi akan diupayakan untuk memakai BBM jenis Pertamax.

"Kalau semua kendaraan pakai premium maka stok akhir tahun akan mengkhawatirkan. Sedangkan kuota premium per bulan hanya 18 ribu ton. Kita hanya mendapatkan tambahan premium 1.100 ton," terangnya.