Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

90 Persen Warga Pulau Karas Alami Kerusakan Gigi
Oleh : ron/dd
Senin | 19-11-2012 | 11:32 WIB
gigi_keropos.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota Batam akan membuat sumur air bersih di pulau Karas, Kecamatan Galang. Pasalnya, warga disana sangat membutuhkan fasilitas air bersih karena selama ini warga mengonsumsi air tidak sehat karena tercampur air laut dengan bauksit.


"Penyalurkan air bersih ke Pulau Karas secara langsung waktunya lama dan rumit. Selain itu biaya sangat besar. Akan tetapi melalui LPM kita harapkan bisa mengali sumber-sumber yang ada. Rencananya akan menggali sumur di dalam hutan," katanya Dahlan kepada wartawan, Senin (19/11/2012)

Sebelumnya, kepada wartawan, UT Rambe, Lurah Pulau Karas mengatakan, masyarakat di Pulau Karas kerap menderita penyakit yang menyerang gigi. Hal itu karena air yang dikonsumsi tidak bagus mengandung air laut serta bauksit.

"Akibat yang timbul gigi masyarakat rusak dan itu sudah dilakukan survei selama setahun. Hasilnya dikarenakan air," ujar Rambe.

Dijelaskannya, di wilayah itu ada 826 Kepala Keluarga dengan jumlah masyarakat tiga ribu orang. Dari jumlah itu, 90 persennya, bermasalah gigi yang diakibatkan air yang tidak sehat.

"Saya sangat mengharapkan ini bisa diatasi dan suplai air bersih bisa segera diberikan," harapnya.