Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layani Penerbangan Batam-Dabo Singkep

Sky Aviation Sukses Lakukan Penerbangan Perdana
Oleh : Sumantri
Rabu | 09-03-2011 | 11:56 WIB
Sky.gif Honda-Batam

Lepas Landas - Pesawat Fokker 50 milik Sky Aviation usai lepas landas di Bandara Dabo Singkep, Lingga. Maskapai tersebut sukses menjalani penerbangan perdana pada Rabu (9/3). (Foto: Sumantr)

Batam, Batamtoday - Penerbangan perdana Sky Aviation dengan menggunakan pesawat Fokker 50 berkapasitas 50 penumpang pada Rabu, 9 Maret 2011, sukses dilakukan. Penerbangan dengan rute Batam-Dabo Singkep (Kab. Lingga), dimulai pada pukul 9.15 wib, dengan dipandu oleh pilot Kapten Oktario Hermawan Riftanto dan membawa sekitar 20 penumpang yang terdiri dari awak media unsur Muspida Kabupaten Lingga dan masyarakat umum.

"Penerbangan ini adalah yang perdana untuk rute Batam-Dabo Singkep dari Sky Aviation yang nantinya dijadwalkan 3 kali dalam seminggu  untuk menjembatani pulau-pulau yang selama ini hanya bisa diakses dengan transportasi laut. Kami berharap masyarakat Kepri khususnya masyarakat Kab. Lingga dapat memanfaatkan jalur transportasi udara ini," ungkap Sutito Zainuddin, Commercial Manager PT Sky Aviation, usai lepas landas di bandara Lingga Dabo Singkep kepada batamtoday.

Sky Aviation merupakan maskapai penerbangan nasional yang sebelumnya melayani penerbangan dengan rute Banyuwangi-Bali-Nusa Tenggara. Memasuki tahun 2011, maskapai tersebut melakukan ekspansi dengan membuka penerbangan untuk rute Sumatera yang dimulai dari daerah Batam.

"Ini memang rencana korporasi yang memang telah digagas oleh perseroan dan di kuartal pertama ini Sky merealisasikanya dengan membuka berbagai rute di Sumatera yang diawali dari Batam, untuk selanjutnya ada beberapa rute lagi yang menjadi proyek kerja perseroan," ujar Sutito.

Sementara itu, Bupati Lingga Daria menyebutkan, pembukaan rute ini diharapkan dapat memajukan pertumbuhan di berbagai sektor terutama sektor ekonomi, sehingga dapat menambah kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri.

"Tentunya kami menyambut gembira dengan adanya rute baru dari Sky Aviation ini, semoga penerbangan ini bisa menjadi alat untuk kemajuan perekonomian Kabupaten Lingga," ujar Daria.

Daria menjelaskan pertumbuhan ekonomi Lingga selama ini hanya bertumpu pada alat transportasi laut sebagai alat angkut. Sehingga dengan adanya rute baru ini untuk jalur udara, dia berharap dapat merangsang pertumbuhan bisnis tertutama di sektor perdagangan dan pariwisata.

Sky Aviation akan melakukan penerbangan dengan rute Batam-Dabo Singkep, 3 kali dalam satu minggu yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu, dengan frekuensi penerbangan satu kali dalam sehari.