Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Prediksikan Seminggu ke Depan Batam Diguyur Hujan
Oleh : ali/dd
Kamis | 15-11-2012 | 16:36 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bandara Hang Nadim, Batam mempredikisi satu minggu kedepan Batam masih diguyur hujan. Namun demkian, tidak sampai mengganggu penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim.


"Prediksi kita (BMKG) satu minggu kedepan hujan masih akan turun di Batam," kata Kepala BMKG Batam, Philip Mustamu melalui Humas BMKG Tri Agus, Kamis (15/11/2012).

Namun demikian, tambahnya, meski intensitasnya sering mengguyur Batam dalam satu minggu kedepan terjadi tidak tiap hari. Hujan yang terjadi dikarenakan terjadi tekanan rendah disekitar daerah Anambas dan Natuna. Sehingga angin yang ada di sekitar Batam mengalami pembelokan arah menuju ke kedua daerah tersebut yang juga terjadi signifikan petir dan puting beliung.

Untuk penerbangan, tambahnya kembali, hujan yang turun dan melanda Batam saat ini tidak sampai mengganggu aktifitas penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Namun untuk nelayan, BMKG menghimbau untuk berhati-hati pada saat terjadi hujan, angin yang disertai petir karena tentunya jarak pandang akan menurun.

Pada saat hujan disertai angin di laut, maka akan terbentuk gelombang. Sehingga nelayan diharapkan untuk berhati-hati.

"Ombak sudah agak lumayan tinggi meski tidak membahayakan untuk  dilalui oleh kapal-kapal seperti ferry. Ombak terbentuk dari hujan disertai dengan tiupan angin yang terjadi di laut. Untuk saat sekarang ini tiupan angin maksimal 30 km/jam," jelasnya.