Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Angin Utara, Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Anambas
Oleh : em/dd
Rabu | 14-11-2012 | 10:13 WIB
Kepala-BMKG-Tarempa,-Anggri.gif Honda-Batam
Kepala BMKG Tarempa Anggriono, saat menunjukkan prakiraan cuaca.

ANAMBAS, batamtoday - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Anambas memperkirakan gelombang tinggi akan melanda perairan Anambas.


"Pekan depan perairan Anambas akan terjadi kenaikan gelombang, karena memasuki musim angin Utara ini kecepatan angin semakin tinggi," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Anambas Anggriono ketika menghadiri acara sosialisasi penanggulangan bencana daerah di Siantan Nur, Selasa (13/11/2012).

Saat ini ketinggian gelombang masih stabil sekitar 1,5 meter hingga 2 meter dan kecepatan angin masih 5 sampai 10 knot. Untuk cuaca diperkirakan curah hujan sangat tinggi.

"Sekarang gelombang laut di perairan kita masih stabil namun kedepan akan ada perubahan. Kita juga sering berikan informasi kepada pelayaran maupun nelayan yang membutuhkan," katanya.

Anggriono juga menambahkan, pihaknya selalu koordinasi dengan dinas perhubungan dalam memberikan informasi perkembangan cuaca. Dirinya juga berharap agar masyarakat tanggap akan terjadinya perubahan iklim.

"Sebenarnya musim angin utara tanggal 29 Oktober lalu sudah terjadi namun masyarakat di sini menilai jika gelombang belum tinggi belum memasuki angin utara. Kedepan akan terjadi perubahan secara berkala dan pada puncaknya bisa mencapai 5 meter hingga 6 meter," katanya.