Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terbelit Hutang, Buruh Bangunan Nekat Jadi Jambret
Oleh : hz/dd
Senin | 12-11-2012 | 11:13 WIB
jambret-ibrahim.gif Honda-Batam
Ibrahim, pelaku penjambretan di Tanjung Sengkuang saat diamankan di Polsek Batu Ampar.

BATAM, batamtoday - Hanya karena butuh uang untuk membayar hutang, Ibrahim (23), buruh bangunan nekat menjambret seorang wanita di depan Masjid Jabal Nur, Tanjung Sengkuang, Kamis (9/11/2012) sekitar pukul 21.30 WIB.


Dengan menggunakan sepeda motor miliknya, pelaku sudah membuntuti seorang wanita yang baru pulang dari kerja. Sempat terjadi tarik-menarik tas antara pelaku dan korban, karena kalah kuat dengan pelaku, akhirnya korban terjatuh dari sepeda motor.

Warga yang melihat kejadian itu langsung meneriaki pelaku, entah karena gugup atau takut akhirnya pelaku jatuh dari sepeda motornya dan langsung diamankan dan diserahkan ke Polsek Batu Ampar.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti sebuah tas milik korban yang berisi dompet dan uang tunai Rp 1,5 juta serta sepeda motor pelaku Yamaha Jupiter warna orange dengan nopol BP 4018 EB.

"Pelaku diamankan warga usai menjambret di depan Masjid Jabal Nur Tanjung Sengkuang," kata Kapolsek Batu Ampar, Kompol Zaenal Arifin melalui Kanit Reskrim, Iptu Sonny Wibisono kepada batamtoday, Senin (12/11/2012).

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Sonny, pelaku selalu bermain sendirian (tunggal) dan beraksi di daerah Batu Ampar. Adapun korban yang menjadi incaran adalah pekerja wanita yang baru pulang kerja.

Sementara itu, pelaku mengaku terpaksa melakukan aksi itu karena terbelit hutang sedangkan uang gaji yang diterima tak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari.

Atas perbuatannya, pelaku akan dikenakan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan (curas) dengan ancaman pidan lima tahun penjara.