Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anambas Dapat Dua Mobil Internet dari Kemenkominfo
Oleh : em/dd
Senin | 12-11-2012 | 08:22 WIB
mcap.jpg Honda-Batam
Mobile Community Acces Point (M-CAP). (foto:net)

ANAMBAS, batamtoday - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menerima dua unit Mobile Community Acces Point (M-CAP) bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Kedua mobil tersebut tiba di Anambas pada Sabtu (10/11/2012) sore.

Mobil internet bantuan dari Kementerian Kominfo tersebut memiliki badnwidth dengan kapasitas yang cukup besar. Bisa digunakan oleh 150 orang dengan radius mencapai 500 meter. Adanya mobil itu bertujuan untuk mempermudah masyarakat, khususnya para pelajar untuk menggunakan internet.

"Kedua mobil ini nantinya akan kita tempatkan di daerah yang belum memiliki akses internet. Rencananya di Latung dan Palmatak, tetapi kita masih menunggu arahan dari pimpinan di mana akan kita alokasikan," kata Sekertaris Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Anambas, Agus Supratman, kepada portal ini, Minggu (11/11/2012).

Agus menambahkan, M-CAP memiliki beberapa kelebihan di antaranya, sudah didesign sedemikian rupa sehingga M-CAP bisa berpindah-pindah karena semua perangkatnya sudah teratur rapi dalam sebuah mobil mini bus.

"Alat ini akan kita operasikan gratis untuk masyarakat Anambas. Mobil ini akan berpindah-pindah sesuai dengan tempat dan lokasi serta melihat kebutuhan masyarakat," terang Agus.

Sementara untuk biaya operasional dan perawatan, tetap akan menjadi tanggungan dari pusat, karena peralatan dan isi mobil tersebut tergolong mahal.

"Pemkab Anambas hanya mengoperasikan saja. Kalau aset yang di dalam bisa mencapai Rp700 juta. Jadi dengan adanya kendaraan internet ini daerah yang selama ini belum bisa mengakses internet kini sudah bisa dan harapan kita agar masyarakat semakin mengetahui informasi dari luar Anambas hingga luar negeri," jelasnya.