Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Minta Bapedalda Bersihkan Limbah Oli di Teluk Mata Ikan
Oleh : ali/dd
Sabtu | 10-11-2012 | 10:44 WIB
sludge-oli-tmi.gif Honda-Batam
Limbah sludge oil yang mencemari perairan Teluk Mata Ikan.

BATAM, batamtoday - Warga Teluk Mata Ikan, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa meminta instansi terkait, khususnya Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam untuk membersihkan limbah sludge oil yang mencemari pantai perairan tersebut.


"Kami berharap Bapedalda tidak hanya mengambil sempel limbah minyak tersebut, tetapi juga segera diangkut dan dibersihkan," ujar Sarkawi, Ketua Rukun Tetangga (RT) 01/RW 07, Teluk Mata Ikan, Sabtu (10/11/2012).

Permintaan untuk dilakukan pembersihan (cleaning up) limbah yang dduga Bapedalda dibuang oleh kapal tanker itu dikarenakan pendapatan warga yang sebagian besar adalah nelayan terancam menurun. Bahkan, disebutnya hasil ikan tangkapan yang dijadikan lauk bagi nelayan-nelayan setempat sudah terkontaminasi limbah oli.

"Dengan adanya lmbah ini, sudah banyak masayarakat di sini yang mengeluh, meminta limbah itu segera diangkut," katannya.

Pencemaran yang terjadi bukan hanya mengakibatkan hasil tangkapan terkontaminasi limbah namun juga peralatan milik nelayan juga mengalami kerusakan.

"Peralatan kami seperti sampan dan jaring pada hitam semua akibat oli itu, bahkan ada yang rusak," pungkasnya.