Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buat Masterplan Air Bersih, Pemkab Anambas Gandeng BPPT
Oleh : em/dd
Jum'at | 09-11-2012 | 17:53 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Untuk menentukan masterplan penentuan titik sumber air, Pemkab Anambas menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Tim BPPT yang datang langsung melakukan rapat internal dengan para SKPD untuk merencanakan penanggulangan kelangkaan air bersih di Anambas dalam jangka panjang hingga tahun 2035 mendatang.


"Sesuai dengan hasil rapat dengan BPPT, kami menentukan tiga titik sumber air yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat Anambas. Ketiga titik tersebut adalah di Batu Tabir kecamatan Siantan, Gunung Samak kecamatan Siantan dan di Air Terjun Desa Temburun Siantan Timur," kata Camat Siantan, Ardan, Jumat (9/11/2012).

Ardan menambahkan, dalam perencanaan pengolahan air bersih nantinya menggunakan alat yang canggih sehingga diperlukan tenaga ahli dan beberapa tenaga atau pegawai untuk mengurus mesin penampungan tersebut.

"Pengolahannya akan menggunakan alat-alat yang canggih sehingga air yang diambil langsung siap untuk dimunum," katanya.

Ketiga sumber yang ada tersebut cukup besar sehingga diperkirakan itu akan mencukupi kebutuhan air bersih diwilayah Anambas hingga tahun 2035 mendatang dan telah diperhitungkan pertambahan jumlah penduduk.

"Dari ketiga sumber air yang telah disurvei telah memenuhi kebutuhan masyarakat Anambas. Jika dibandingkan dengan sekarang kita hanya menggunakan gaya grafitasi bumi dalam penyaluran air karena tempatnya tinggi jadi dengan menggunakan pipa air akan mengalir karena posisi kita di bawah pegunungan," katanya.