Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Reklamasi KIB Lobam

Kalau Menguntungkan, Kenapa Tidak
Oleh : hrj/dd
Kamis | 08-11-2012 | 13:35 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Wakil Bupati Bintan, Khazalik menyatakan dukungannya terhadap rencana reklamasi lahan seluas 760 hektar oleh pengelola Kawasan Industri Bintan di Lobam selama hal itu menguntungkan.


"Yang penting perhatikan masalah AMDAL-nya. Kalau menguntungkan kenapa tidak," kata Khazalik, Kamis (8/11/2012).

Selain itu menurutnya, adanya rencana tersebut tentunya berkaitan dengan pengembangan investasi dan melakukan perbaikan kondisilingkungan sebagai salahsatu faktor pendukung untuk mengembangkan kawasan industri.  

Sebelumnya, Wan Nirwan, Camat Serikuala Lobam membenarkan, PT Bintan Inti Industrial Estate sebagai  pengelola Kawasan Industri Bintan mengusulkan tata ruang untuk pengembangan kawasan. Dalam rapat bersama Bappeda Bintan, disebutkan PT BIIE akan melakukan reklamasi pantai sepanjang lebih kurang 760 hektar. 

Di sepanjang pesisir pantai mulai Busung sampai Teluksasah, selain itu, ada yang dibendung seperti DAM. Kemudian akan ada pengerukan pendalaman alur agar lebih dalam lagi. 

"Mereka mengusulkan saat rapat Bappeda kemarin, konsepnya mereka mau meminta prinsip izinnya, tetapi yang tahu betul itu Bappeda," ungkap Wan Nirwan.

Dalam pengembangan nantinya, ia mengatakan akan dibangun pemukiman untuk masyarakat dan pekerja, agar para pekerja tidak merasa asing. Kemungkinan akan ada tempat rekreasinya. Tapi kata Wan Nirwan, pihaknya perlu dan harus menyosialisasikan ini terlebih dulu ke masyarakat, terutama nelayan agar tak mengganggu mata pencaharian.