Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manfaatkan Jasa Pelajar PKL, Listrik Karimun Byar Pet
Oleh : khn/dd
Rabu | 07-11-2012 | 17:58 WIB

KARIMUN, batamtoday – Masyarakat Baran Kecamatan Meral merasa resah. Pasalnya pemadaman listrik di daerah itu tidak merata. Akibatnya, peralatan yang menggunakan arus listrik, banyak yang rusak. Kuat dugaan hal itu akibat kelalaian Petugas Lapangan yang menggunakan jasa pelajar yang sedang menjalankan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PLN Cabang Karimun.


Kepada batamtoday, Rabu (7/11/2012) di meral salah seorang warga, Aidy merasa kecewa atas tindakan yang diambil oleh petugas lapangan PLN Karimun yang dengan sengaja membawa pelajar yang sedang PKL tadi. Sebab hal itu berdampak terhadap pemadaman listrik yang tidak merata. 

Kendati pemeliharaan rutin harus dilakukan katanya lagi, namun tidak seharusnya pelajar yang PKL tadi, disuruh melakukan pembersihan di kabel-kabel Tegangan Menengah (TM) di daerah tersebut. 

“Mereka itu masih pelajar dan bukan profesional. Lihat saja akibatnya, pemadaman listrik di daerah ini tidak merata. Kami heran, apa maunya PLN ini,”ujarnya.

Lebih jauh Aidy menjelaskan bahwa dana pemeliharaan rutin Kabel TM semestinya diberikan kepada para pekerja. Sehingga, siapapun yang melakukan pekerjaan itu, sudah semestinya mendapatkan upah dari jasa yang dilakukannya.

Namun kenyataannya katanya lagi, pelajar PKL tadi hanya diberikan makan dan minum saja. Bahkan  dirinya merasa khawatir para pelajar yang PKL tadi, tidak mendapatkan asuransi, jika dirinya mengalami kecelakaan, pada saat memanjat tiang listrik tersebut.  

“Atau jangan-jangan dana pemeliharaan itu ditelan bulat-bulat oleh petugas lapangan PLN Cabang Karimun,” ujarnya mencurigai.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh informasi dari pihak PLN Cabang Karimun.