Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Verifikasi Faktual KPU Kepri

Keterwakilan Perempuan di Parpol Belum Terpenuhi
Oleh : chr/dd
Sabtu | 03-11-2012 | 12:47 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Dari 16 partai politik (parpol) di Kepri yang diverifikasi faktual oleh KPU Kepri, hingga saat ini masih memiliki kekurangan persyaratan keterwakilan 30 persen pengurus perempuan, sesuai dengan yang diamanatkan UU.

 
Ketua Pokja Verifikasi Faktual Parpol KPU Provinsi Kepri, Ferry Manalu mengatakan, secara umum dari 16 parpol yang dinyatakan KPU pusat lolos adminitrasi saat diverifikasi faktual dengan cara langsung mendatangi sekretariat, melihat kelengkapan adimistrasi dan kepengurusan. Pada umumnya masing-masing parpol masih kekurangan keterwakilan 30 persen perempuan hadir secara fisik sebagai pengurus parpol saat diverifikasi faktual.

"Hari ini 16 parpol selesai kita verifikasi faktual dan pada umumnya, masih memiliki kekurangan persyaratan, terutama keterwakilan 30 persen perempuan dalam jajaran kepengurusan, yang dibuktikan dengan kehadiranya secara fiksi," sebut Ferry Manalu, Sabtu (3/11/2012).

Dari 16 Parpol yang diverifikasi dengan cara mendatangi langsung bersama Bawaslu ke kantor sekretariatnya, hampir semua parpol belum dapat menghadirkan 30 persen pengurus perempuanya sesuai dengan nama dan posisi yang tertera dalam administrasi kepengurusan.
   
"Hingga, untuk melengkapi verifikasi Faktua tersebut, kita meminta agar pengurus perempuyan pada masing-masing Parpol itu, dapat hadir dan datang ke KPU Provinsi," ujar Ferry.

Secara umum, kata Ferry, kantor sekretariat, ATK, bendera dan pengurus Parpol di Kepri, dinyatakan sudah lengkap dan tinggal memplenokan hasil verifikasi faktual sebelum akhirnya dikirimkan ke KPU Pusat, dan saat ini partai politik yang terakhir diverifikasi faktual adalah PPRN, Golkar, PKS dan PAN.

"Untuk memenuhi keterwakilan 30 persen pengurus perempuaan pada masing-masing parpol, hingga 17 November 2012 penutupan, kita berikan kesempatan pada masing-masing parpol untuk melengkapi administrasi keterwakilan pengurus perempuan dalam parpol itu," pungkasnya.