Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diguyur Hujan, Drainase Perumahan Lobam Bestari Longsor
Oleh : hrj/dd
Rabu | 31-10-2012 | 17:41 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Hujan lebat yang menguyur Bintan Utara dan sekitarnya, mengakibatkan drainase di RT 03/1 Perumahan Lobam Bestari, Kelurahan Teluklobam, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan longsor, Rabu (31/10/2012). 


Hal tersebut diduga akibat pengerjaan proyek pembangunan pada tahun 2011 lalu, terkesan asal jadi, sehingga belum genap satu tahun pembangunan  jalannya dan drainase sudah rusak dan longsor.

Rohman, ketua RT 03/1 Teluklobam, mengatakan longsor terjadi diduga karena pengerjaan drainase kurang kokoh dan antar sambungan masih ada celah yang air masih mengalir.

Selain itu, pada saat dilakukan pembangunan pohon besar yang sebelumnya sebagai penahan air habis ditebang oleh kontraktor. 

"Pohon penahan air habis ditebang, sementara tanah yang curam tidak dibangun batu miring, makanya longsor," katanya. 

Rohman mengatakan saat terjadi longsor sekitar jam 10.00 wib tersebut setelah diguyur hujan lebat sekitar 2 jam, warga mendengar ada suara gemuruh, setelah dicek ternyata tanah di depan perumahan yang jaraknya hanya sekitar 5 meter dari rumah warga longsor.

Sementara Chon, warga Perumahan Lobam Bestari kepada batamtoday menyebut longsor terjadi karena pembangunan jalan berikut drainase yang dikerjakan oleh kontraktor pada akhir tahun 2011 kurang kuat. Makanya, pembangunan belum berumur genap satu tahun sudah mulai rusak dan dengan longsornya drainase menjadi bukti kalau pengerjaannya asal-asalan.

"Jalan sudah mulai rusak, sebelum selesai juga sudah meminta agar diperbaiki. Tetapi hingga jalan tersebut rusak pada saat ini, janji kontraktor mau memperbaiki tidak terealisasi," ungkapnya.

Chon berharap kepada pemerintah daerah agar segera melakukan perbaikan terhadap jalan warag yang bahu jalannya sudha longsor tersebut. Karena kalau dibiarkan, tidak tertutup kemungkinan rumah warga akan ikut amblas apa bila terjadi longsor lanjutan. 

Samsudin, Lurah Teluklobam mengatakan atas terjadinya longsor tersebut sudah dilaporkannya kepada Camat Serikuala Lobam dan Pemerintah Kabupaten Bintan. 

"Kita sudah sampaikan kepada camat dan Pemda Bintan. Semoga PU cepat turun ke lapangan selanjutnya dilakukan pembangunan, agar warga tidak khawatir akan terjadi longsor kembali apabila hujan lebat terjadi lagi," ujarnya.