Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengawasan Lemah, BBM Sering Langka di Anambas
Oleh : emmi/dd
Rabu | 31-10-2012 | 16:34 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Akibat lemahnya pengawasan pendistribusian bahan bakar minyak khususnya premium, mengakibatkan komoditas itu sering langka di Anambas. Pasalnya setiap BBM masuk warga berebut membeli dengan kuota yang banyak sehingga sebagian warga lainnya tidak dapat jatah.


Adapun modus yamg dilakukan warga tersebut, dengan membeli bensin dengan ukuran banyak dengan alasan untuk mengantisipasi kelangkaan bensin saat datangnya musim angin utara. Karena pada musim tersebut jalur laut tidak aktif sehingga BBM akan susah untuk masuk ke Anambas.

Informasi yang dihimpun media ini,satu orang bisa membeli bensin lebih dari sepuluh liter. Bahkan ada yang terlihat diantara mereka ada yang membawa jerigen ukuran 30 liter yang diangkutnya dengan menggunakan sepedamotor.

Akibat leluasanya warga memborong bahan bakar minyak tersebut membuat beberapa pangkalan minyak atau pengecer tidak dapat berjualan seperti biasanya.

Salah satu warga, Adi sengaja membeli bensin dan menyimpannya dirumah karena jika tidak, tidak kebagian karena warga yang lain juga menyimpan bensin di rumahnya.

"Orang lain banyak yang menyimpan bensin di rumah, kalau saya tidak ikut ya tidak kebagian. Dari pada motorku tidak jalan," katanya, Rabu (31/10/2012).

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Ekonomi Eka Syahputera, mengatakan, pihaknya telah membentuk tim untuk mengawasi pemakaian BBM di lapangan. Tim tersebut kata Eka terdiri dari pihak kecamatan, Lanal dan pihak Disperindagkop. 

"Untuk mengawasi pemakaian BBM kita sudah membentuk tim untuk mengawasinya seperti dari kecamatan, Lanal dan dari Disperindag," kata Eka saat dihubungi melalui telepon.