Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sky Aviation Layani Penerbangan dari Batam ke Tapanuli Utara
Oleh : ali/dd
Selasa | 30-10-2012 | 13:14 WIB

BATAM, batamtoday - Maskapai penerbangan Sky Aviation mengembangkan bisnis dengan membuka rute Batam-Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara di pertengahan bulan November 2012 ini.


"Rute ini sebelumnya tidak ada maskapai yang menerbanginya jadi baru Sky  Avition yang membuka rute ini dengan menggunakan pesawat jenis Fokker 50," kata Area Manager Regional Sumatra Sky Aviation Kholil Wahyudi, Selasa (30/10/2012).

Pria dengan panggilan akrab Yudi ini menyebutkan pembukaan rute ini untuk membantu para pengguna jasa penerbangan yang berasal dari daerah Tapanuli Utara dan sekitar yang ada di Batam untuk pulang kampung maupun wisatawan yang ingin mengujungi daerah wisata Danau Toba. 

"Selama ini kalau kita mau mengunjungi harus transit ke Medan dan harus melanjutkan perjalanan dengan penerbangan lain maupun menggunakan transportasi darat yang sangat melelahkan dan mengeluarkan biaya lebih banyak. Dengan adanya pembukaan penerbangan ini maka bisa langsung dari Batam mendarat di Bandara Silangit di Si Borong-borong Tapanuli Utara, Sumatra Utara, dengan waktu hanya 1,5 jam saja," jelasnya.

Yudi menambahkan pembukaan rute ini didukung penuh oleh tujuh pimpinan daerah di sekitar Tapanuli Utara yakni Simalungun, Karo, Dairi, Tobasa, Humbalas dan Kabupaten Samosir karena akan sangat membantu mobilitas dan peningkatan bidang pariwisata ke Danau Toba. 

Diharapkan dengan adanya penerbangan ini dapat meningkat jumlah wisatawan asing maupun lokal yang akan melakukan wisata karena lebih mudah dan cepat, sebab selama ini banyak keluhan dari masyarakat maupun warga asing karene tidak adanya tranportasi udara yang langsung menuju daerah tersebut.

Selain potensi penumpang juga diharapakan adanya pengiriman barang atau cargo dari Tapanuli Utara ke Batam karena banyaknya hasil pertanian maupun perkebunan yang sangat bagus untuk dipasarkan di daerah Batam maupun Singapura, demikian pula komoditas yang ada di Batam yang bisa dikirimkan ke daerah tersebut.