Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nama-nama Asing Isi Skuad Timnas Indonesia
Oleh : Redaksi/M
Selasa | 30-10-2012 | 10:20 WIB
Raphael_Gullermo.jpeg Honda-Batam
Raphael Guillermo (kostum nomor 9), foto:Sportsphoto

JAKARTA, batamtoday - Sebuah kejutan diberikan managemen Timnas Indonesia menjelang turnamen AFF Cup 2012. Beberapa nama pemain asing masing-masing Raphael Guillermo dan Jhony Van Baukering dinyatakan bakal memperkuat merah putih dalam ajang prestisius di Asia Tenggara tersebut. 


Raphael Guillermo adalah pemain eks akademi Feyenoord Rotterdam, salah satu klub raksasa di liga Belanda. Kini pemain yang sudah masuk dalam daftar skuad Indonesia yang dirilis AFF 2012 itu masih akan menyelesaikan persoalan administrasi. 

"Paspor Indonesia saya masih dalam proses, saya berharap itu akan siap sebelum AFF Cup. Jika tidak, saya harus menunggu sampai turnamen berikutnya. Akan tetapi tidak ada kekhawatiran, akan ada saatnya saya bisa bermain untuk Tim Nasional," ujar gelandang serang berusia 28 tahun itu.

"Tapi, akan sangat hebat jika paspor saya bisa siap sebelum AFF Cup, itu tujuan kita. Kalau tidak, saya masih harus menunggu maksimal 2 bulan," lanjutnya.

Sementara itu, pemain naturalisasi lainnya, Jhony Van Baukering yang kini tercatat sebagai pemain Pelita adalah sosok yang sudah kenyang pengalaman ketika masih merumput bersama sejumlah klub elit Belanda. Jhony pernah menjadi bintang di klub Vites dengan 49 cap dan 8 gol semusim. 

Tidak hanya itu, Jhony juga pernah menjadi pemain tersubur di klub De Graafschap dengan torehan 49 gol pada musim 2004/2005. 

Menjelang perhelatan piala AFF 2010 lalu, Jhony menyatakan diri sangat ingin menjadi warga negara Indonesia dan memperkuat timnas merah putih. Hanya saja sejumlah elit Timnas yang kala itu dilatih Alfred Ridl mencoret namanya. Kedatangan Jhony ke Jakarta menjadi sesuatu yang sia-sia. 

Sekali lagi, pukulan telak bagi PSSI ketika beberapa waktu kemudian nama Jhony diberitakan telah dikontrak oleh klub raksasa, Feyenoord Rotterdam. Ia di daulat menggantikan striker Feyenoord yang kala itu dibekap cedera. 

Memasuki musim 20011/2012, Jhony kembali dipanggil ke Indonesia. Klub Pelita yang dimiliki keluarga Bakrie menampung pemain yang pernah mengisi timnas junior Belanda tersebut. 

Selain memanfaatkan pemain naturalisasi, timnas juga mendaftarkan nama pemain muda asli Indonesia yang kini merumput di klub-klub asing. Diantaranya, Arthur Irawan yang terdaftar sebagai pemain Espanyol. 

Berikut nama pemain timnas Indonesia yang dirilis dari situs resmi AFF 2012: 

Kiper: Samsidar, Wahyu Tri Nugroho, Hendra Prasetya, I Made Wirawan.

Bek : Hengky Ardiles, Hamdi Ramdan, Wahyu Wijastanto, Diego Michiels, Fachrudin, Valentino Telaubun, Novan Setya Sasongko, Nopendi, Hamka Hamzah, Arthur Irawan.

Tengah : Elie Aiboy, Vendry Mofu, Taufiq, Octavianus Maniani, Hendra Adi Bayauw, Jajang Paliama, Rasyid Assyahid Bakri, Firman Utina, Ahmad Bustomi, Raphael Guillermo.

Depan : Irfan Bachdim, Samsul Arif, M.Nur Iskandar, Rahmat Syamsudin Leo, Bambang Pamungkas, Patrich Wanggai, Cornelius Gedy, Andik Vermansyah, Johny Van Beukering, Tonnie Herry Cusel, Agung Supriyanto.