Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemuda Diminta Lebih Mandiri dan Berprestasi
Oleh : khn/dd
Senin | 29-10-2012 | 10:04 WIB
sp-karimun.gif Honda-Batam
Upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda di Karimun.

KARIMUN, batamtoday - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke - 84, yang jatuh pada hari Minggu (28/10/2012) kemarin, diperingati seluruh pegawai dilingkungan Pemkab Karimun, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Karimun serta seluruh organisasi kepemudaan di Karimun, Senin (29/10/2012) di halaman kantor Bupati Karimun.


Dalam sambutannya, inspektur upacara yang juga merupakan Bupati Karimun, Nurdin Basirun mengajak peserta upacara untuk merenung kembali peristiwa masa lalu.

Saat itu ulasnya, tidak adanya tekad untuk menyatukan keinginan, sehingga Belanda mampu menguasai Indonesia. Namun katanya lagi, sejak Hari Sumpah Pemuda itu, para pemuda bersatu untuk mengusir penjajah dar tanah air Indonesia.

Maka untuk itu, ada 4 pilar kebangsaan yang bisa disumbangkan Pemuda untuk pembangunan negara Indonesia ini, sesuai amanat proklamasi kemerdekaan.

Dijelaskan, 4 pilar kebangsaan tersebut diantaranya, pertama Pancasila sebagai ideologi negara. Kedua UUD sebagai landasan hukum. Seterusnya harga mati harus tertanam di sanubari setiap pemuda dan terakhir ideologi kebangsaan yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu pula Bupati mengajak agar para pemuda untuk mengukir prestasi di bidang usaha dan kemandirian. Sedangkan untuk PNS agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai amanat tugas yang berikan kepadanya.

"Saya merasa sangat yakin terhadap pemuda Karimun, dapat memanfaatkan potensi dan peluang yang ada. Sebab Karimun memiliki potensi yang cukup memiliki daya saing serta daya guna di dalam dan luar negeri. Manfaatkan waktu muda sebelum datang waktu tuamu,"terangnya mengakhiri.

Pada acara tersebut, serentetan acara yang digelar diantaranya Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Sumpah Pemuda, Ikrar Pemuda Kabupaten Karimun dan terakhir penyerahan Piagam Penghargaan dari Pemkab Karimun untuk Pemuda Karimun katagori Atlit berprestasi, Pelajar dan Pramuka.

Sedangkan piagam itu sendiri diserahkan langsung oleh Bupati Karimun yang didampingi FKPD Kabupaten Karimun.