Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Menyimpan Daging dalam Freezer
Oleh : dd/dtf
Sabtu | 27-10-2012 | 13:18 WIB

BATAM, batamtoday - Stok daging yang sedang banyak di rumah tentu tak langsung diolah semuanya. Karena itu, sisa daging bisa disimpan dalam freezer agar awet dan bisa diolah lain waktu. Agar daging tak mudah rusak dan tejaga kualitasnya simak tips ini!


Menurut situs pccnaturalmarkets.com, daging bisa awet disimpan dalam freezer selama 3 hingga 4 bulan. Asalkan mematuhi beberapa aturan berikut ini.

1. Kemas dengan lapisan lain
Jika disimpan dalam waktu yang tak terlalu lama, daging yang baru dibeli bisa langsung disimpan. Biasanya daging dijual dengan lapisan plastik tipis. Namun jika ingin menyimpannya dalam waktu lama, sebaiknya daging diberi lapisan lagi, seperti wrapping plastic untuk memastikan tak ada udara yang masuk ke dalam daging.

2. Beri label
Agar daging bisa digunakan secara lebih efisien, sebaiknya beri label. Tuliskan tanggal, berat, juga jenis daging yang disimpan. Hal ini memudahkan saat akan mengambil dan mengolah daging. Bentuk daging yang tampak serupa seringkali mengecoh mata.

3. Bersihkan alat
Sebelum mempersiapkan daging yang akan dibekukan, pastikan alat-alat seperti pisau, talenan dan juga wadah yang digunakan terjamin kebersihannya. Hal ini mencegah kontaminasi yang bisa menyebabkan keracunan.

4. Pastikan freezer tidak terlalu penuh
Isi freezer juga harus diperhatikan. Pastikan agar freezer tidak terlalu padat dan sesak. Alasannya agar freezer tetap memiliki suhu yang pas dan mencegah makanan di dalamnya tetap berkualitas baik. Selain itu, hindari terlalu banyak membuka tutup freezer. Selain membuat suhu freezer jadi terganggu, hal ini juga bisa membuat tagihan listrik membengkak.