Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Eropa

Gol Tunggal Downing Menangkan Liverpool
Oleh : dd/goal
Jum'at | 26-10-2012 | 12:28 WIB

LIVERPOOL, batamtoday - Stewart Downing menjadi pahlawan kemenangan Liverpool saat menjamu Anzhi Makhachkala di Anfield, Jumat (26/10) dinihari WIB.


Gol tunggalnya ke gawang tim asal Rusia tersebut memastikan kemenangan Liverpool dengan skor 1-0.

Liverpool pun kini mengantungi enam angka hingga laga ketiga Liga Europa, dan berhak bercokol di puncak klasemen Grup A. Anzhi berada di posisi dua dengan empat angka.

Babak I

Liverpool langsung tampil menekan sejak dimulainya pertandingan. Peluang pertama Liverpool untuk unggul terjadi di menit 12.

Berawal dari umpan Glen Johnson kepada Assaidi, pemain muda Liverpool itu meneruskan bola kepada Luis Suarez. Penyerang asal Uruguay itu langsung melepas tendangan keras, namun berhasil dibendung Gabulov.

Kiper Anzhi tersebut kembali menggagalkan peluang yang dimiliki Assaidi di menit 20, yang melepas tendangan keras ke arah gawang.

Di menit 24, giliran Jonjo Shelvey yang membuang kesempatan emas untuk membawa Liverpool memimpin. Bola sodoran Suarez disapunya menjauh dari gawang Anzhi.

Anzhi tak sepenuhnya tertekan. Di masa injury time babak pertama, Samuel Eto'o melepas drive keras, namun masih kurang tepat sasaran.

Babak II

Usai turun minum, Liverpool kembali ngotot. Di menit 51, Steven Gerrard gagal memaksimalkan kesempatan terbuka membawa timnya memimpin setelah umpan silang Raheem Sterling tak bisa diarahkan dengan baik dengan kepalanya.

Dua menit kemudian, gawang Anzhi akhirnya jebol. Stewart Downing yang menjadi pencetak gol dengan tendangan keras kaki kanan.

Di menit 55, Luis Suarez nyaris menggandakan keunggulan tuan rumah. Namun bola hasil tendangannya hanya mengenai jala sebelah luar gawang Anzhi.

Memasuki menit 69, Eto'o tak mampu memaksimalkan kesalahan Downing dalam memberikan umpan dengan bola hasil tendangannya masih tepat mengarah kepada Brad Jones.

Anzhi berusaha terus menekan di 15 menit terakhir. Namun tak ada gol balasan tercipta meski sejumlah kesempatan tercipta. Liverpool pada akhirnya menang 1-0.