Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Festival Idul Adha Diperkirakan Didatangi Seribu Turis
Oleh : ypn/dd
Rabu | 24-10-2012 | 14:46 WIB
yusfa....gif Honda-Batam
Yusfa Hendri saat konferensi pers iven Festival Idul Adha.

BATAM, batamtoday - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam memperkirakan penyelenggaraan Festival Idul Adha yang akan digelar pada 25-27 Oktober 2012 akan didatangi hingga seribu turis asing.


Yusfa Hendri, Kepala Disparbud Kota Batam mengungkapkan, dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriyah, pemerintah kota akan melaksanakan Festival Idul Adha bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 25-27 Oktober 2012 di dataran Engku Putri dan Masjid Raya di kawasan Batam Center.

Selain menyambut Hari Raya Kurban, lanjutnya, event ini juga dilaksanakan sebagai obyek wisata bagi turis asing yang masuk ke Batam pada akhir bulan ini.

"Kami memperkirakan event ini akan didatangi sekitar 1.000 wisatawan mancanegara," kata dia, Rabu (24/10).

Perkiraan jumlah itu berdasarkan informasi yang disampaikan para agen perjalanan wisata di Batam.

Dijelaskannya, pada awal Oktober lalu Disparbud telah memanggil para pengelola agen perjalanan wisata dan menyampaikan berbagai event yang agan digelar pada bulan ini hingga akhir tahun, termasuk penyelenggaraan Festival Idul Adha.

Pada kesempatan itu, para agen berkomitmen mendukung event-event tersebut dan memasukkannya dalam paket perjalanan wisata yang diadakannya.

Kerena itu Yusfa optimistis festival ini dapat menjadi event yang didatangi para turis dengan jumlah maksimal, begitu juga para turis lokal dan warga sekitar.

Festival ini sendiri terdiri dari sejumlah rangkaian kegiatan. Diantaranya pawai takbir mengelilingi Batam, penyembelihan hewan kurban, silaturrahmi Rhoma Irama dengan para penggemarnya dari Singapura dan Malaysia serta konser musik Soneta Grup.

Raseno Arya, Kasubdit Promosi Wilayah Sumatera Kemenparekraf mengatakan, dukungan yang diberikan pada event ini merupakan bagian dari upaya kementerian merealisasikan target kunjungan 8 juta wisman asing pada tahun ini.

Kementerian menilai penyelenggaraan event-event bersifat massal ini dapat menjadi obyek wisata dan program yang efektif untuk menyedot kedatangan turis asing dalam jumlah besar.

Disamping itu, kementerian juga meyakini event-event bersifat massal ini dapat sekaligus membantu menggerakkan ekonomi mikro daerah.

Guna mendukung penyelenggaraan festival tersebut, dia mengatakan Kemenparekraf sudah melakukan promosi ke Singapura dan Malaysia sebagai negara-negara penyumbang turis asing terbesar ke Batam.

Sedangkan alasan dipilihnya Rhoma Irama sebagai artis yang diundang dalam festival ini adalah atas permintaan para turis dari kedua negara tersebut.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa kementerian juga memberikan dukungan penyelenggaraan event-event serupa yang digelar di daerah lain di Provinsi Kepri.

"Selain di Batam, kementerian juga mendukung event-event yang sama yang digelar dengan waktu yang hampir bersamaan di daerah-daerah lain di Provinsi Kepri, seperti di Kabupaten Karimun," jelasnya.

Di Karimun, kementerian bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat menggelar konser musik dengan mendatangkan grup Band Armada.

Sama halnya dengan Batam, para agen di daerah itu juga diarahkan untuk memasukkan event tersebut ke dalam paket perjalanan wisatanya.