Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minim Fasilitas, Tak Surutkan TNI Amankan Negara
Oleh : hz/dd
Rabu | 24-10-2012 | 08:30 WIB

BATAM, batamtoday - Minimnya fasilitas pendukung, baik dari segi keberadaan personil dan anggaran, tak membuat surut anggota TNI dalam mengamankan NKRI, terutama di daerah perbatasan. Salah satunya adalah Kodim 0316 Batam yang keberadaannya berbatasan langsung dengan negara tetangga.


"Keterbatasan fasilitas personil dan anggaran tak menyurutkan semangat prajurit TNI AD dalam mengamankan NKRI, terutama di daerah perbatasan," kata Paban II Puanterstrat, Kolonel (Inf) Jonas TB Nainggolan kepada batamtoday, Selasa (23/10/2012) di Makodim 0316 Batam.

Berbagai keterbatasan itu, lanjut Jonas, malah bisa dijadikan personil TNI AD lebih bersemangat dalam mengemban tugas negara. Sebab bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat.

Contohnya di Batam, beberapa Koramil membawahi beberapa Kecamatan, begitu juga dengan Babin kebanyakan juga membawahi beberapa Kelurahan. Namun menurutnya kondisi tersebut tak jadi penghambat.

"Fasilitas memang terbatas, tapi tugas menjaga Batam dari gangguan keamanan pihak luar, sudah menjadi kewajiban sebab Batam berbatasan langsung dengan negara tetangga," jelasnya.

Jonas menambahkan, untuk itu peran Komandan tertinggi di Kodim Batam harus kreatif dan pintar membangun jaringan, terutama dengan Pemko Batam.

Menurutnya, dengan kondisi anggaran yang terbatas, ada bantuan yang diterima TNI AD dari pemerintah setempat dalam hal ini Pemko Batam. Karena dengan kondisi batam yang aman dan kondusif tak jauh dari peran TNI AD.

"Pemko harus juga punya perhatian, karena keberadaan Kodim adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam menciptakan Batam yang aman dan kondusif," lanjut Jonas.

Hal yang sama juga harus dilakukan oleh Babinsa, dimana dengan keterbatasan anggaran, seorang Babinsa juga harus turun ke lapangan.

Salah satu contoh tugas Babinsa, yakni mendata warga yang tidak terdaftar dalam catatan aparat setempat. Sehingga bila ada pergerakan mencurigakan maka Babinsa haruss berkoordinasi dengan petugas keamanan setempat.

Selain petugas teritorialnya yang harus siaga, selaku perbatasan, Kodim Batam juga diharap memiliki intelijen yang kuat. Sehingga berbagai ancaman dari negara tetangga, bisa segera diantisipasi.