Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perangkat Desa Bintan 3 Tahun Tak Naik Gaji
Oleh : hrj/dd
Rabu | 24-10-2012 | 08:26 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Saat pemerintah panas-panasnya membicarakan angka UMK, tapi nasib pegawai setingkat perangkat desa seluruh Bintan ternyata sudah tiga tahun tidak merasakan naiknya gaji, bahkan mereka pun tidak pernah menerima tunjangan di hari raya.


Nuryadi, Kadus Teluksasah kepada batamtoday mengatakan, empat tahun lalu gajinya masih Rp 900 ribu dan mendapatkan tunjangan makan sebesar Rp 10 ribu per hari.

Tapi tiga tahun lalu, dia dan semua perangkat desa se Bintan mendapat kenaikan gaji menjadi Rp 1,2 juta. Tapi sejak itu sampai saat ini tidak ada kenaikan gaji, bahkan uang tunjangan makan dipotong.

"Sudah setahun ini tidak dikeluarkan, biasanya ada," kata Nuryadi, Kamis (24/10/2012).

Dia mengatakan, sudah mengusulkan tapi kenapa belum ada tanggapan.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Kades, agar masalah tunjangan makan dibawa ke pertemuan forum kades, dan kami minta diadakan lagi tunjangan makan dan juga minta naikkan gaji kami, yang tiga tahun ini tidak naik, paling tidak UMR, karena kami juga kerja mulai pagi jam 8 sampai jam 4 sore, " pintanya.

Bukan cuma menyampaikan ke Kades, namun ke beberapa Anggota Dewan juga sudah disampaikan namun tidak tidak tanggapan. "Ke Raja Miskal sudah, ke Een juga, bahkan ke Misiah juga, tapi tidak ada tindak lanjutnya," tukasnya.

Erdis Suhendri Kades Teluksasah mengatakan, belum dapat komentar karena masih dalam perjalanan. "Kalau tidak salah, uang makan itu 15 ribu dulunya, tapi saya perlu cek dulu. Nanti saja, saya masih dalam perjalanan," singkatnya.

Sementara itu Henrio Karyadi, Kabag Pemerintahan Bintan mengatakan, sesuai kemampuan daerah akan meningkatkan pelan-pelan kesejahteraan perangkat Daerah, tapi kita akan memperhatikan kalau PAD meningkat. 

"Kita juga memperhatikan pegawai itu, dengan Kantor Desa, jumlah penduduk. Tapi kita tetap pelan-pelan akan meningkatkan kesejahteraan itu, tapi saat ini belum mampu menaikkan gaji mereka," tandasnya.