Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Sukses Gelar Debat Perdana Pilkada 2024 di Hotel Aston
Oleh : Freddy
Minggu | 20-10-2024 | 18:32 WIB
debat_erdana_karimun.jpg Honda-Batam
Debat perdana pasangan calon bupati dan wakil bupati Karimun di Pilkada 2024. di Hotel Aston, Sabtu (19/10/2024)

BATAMTODAY.COM, Karimun-Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Karimun sukses melaksanakan debat perdana pasangan calon bupati dan wakil bupati Karimun di Pilkada 2024 pada Sabtu (19/10/2024).

Debat yang dilaksanakan di Hotel Aston Karimun , diikuti tiga pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Karimun yakni Paslon dengan nomor urut 1 Iskandarsyah-Rocky Marciano Bawole (Isrock), paslon nomor urut 2,Muhammad Firmansyah-Ery Suandi (FIRE) dan paslon nomor urut 3, Bakti Lubis-Raja Bakhtiar (BARA).

Dalam debat Perdana ini mengusung tema "Menuju Kabupaten Karimun Sejahtera, Maju dan berdaya saing " dengan sub Tema Memajukan Masyarakat Kabupaten Karimun.

Yakni menyelesaikan permasalahan daerah dan menyerasikan pembangunan Kabupaten Karimun dengan pembangunan provinsi dan daerah.

Debat yang diselenggarakan KPU Karimun ini dipandu oleh dia orang moderator yakni Sarah Mellina dan Ade Jamil Himawan yang sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi sebagai moderator.

Selain itu, pada debat pertama ini, KPUKarimun menghadirkan 5 orang panelis dari kalangan akademisi di Provinsi Kepulauan Riau yakni Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Dr.Suryadi SP, MH.

Lalu, Guru Besar FKIP Umrah, Prof Dr Abdul Malik, MPd. Kemudian Rektor Universitas Putra Batam Prof Dr.Nur Elfi Husda,S.Kom, M.Si.

Dosen Pasca Sarjana Umrahdan Universitas Terbuka Dr.Razaki Persada,SE,,MSi, serta Dosen Pasca sarjana Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Dr, Parningotan Malau, ST, SH, MH .

Dalam debat pertama ini masing-masing paslon Bupati dan wakil Bupati Karimun tersebut dibagi dalam 6 segmen yang diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh moderator.

Selanjutnya, pada segmen berikutnya masing-masing paslon menyampaikan visi misi dan program dan selanjutnya dengan segmen tanya jawab dan sanggahan antar paslon.

Segmen terakhir ditutup dengan penyampaian closing statement masing-masing paslon bupati dan wakil bupati Karimun tahun 2024.

Ketua KPU Karimun, Mardanus mengatakan pelaksanaan debat publik yang pertama calon bupati dan wakil bupati Karimun tahun 2024 ini berjalan lancar dan baik.

"Alhamdulillah, secara umum debat pertama ini berjalan dengan baik dan lanca," ujar Mardanus.

Lebih lanjut Mardanus menyampaikan setelah dilaksanakan debat pertama ini, KPU kabupaten Karimun akan melanjutkan dengan debat kedua yang direncanakan pada tanggal 9 November 2024 mendatang, yang tentunya diharapkan akan lebih baik dari debat pertama ini.

Ungkap Mardanus, debat pertama sudah selesai dilaksanakan dan berjalan dengan baik ,akan dari debat pertama ini akan dilakukan analisa dari aspek teknik maupun non teknisnya, serta SDM yang digunakan sehingga pada pelaksanaan debat kedua akan semakin lebih baik.

Dari pantauan langsung di lokasi Acara, secara menyeluruh pelaksanaan debat pertama ini berjalan lancar, meskipun terlihat kurang disiplin dan tertibnya para pendukung paslon masing-masing.

Sementara untuk masing-masing calon bupati dan wakil Bupati Karimun yang ikut debat terlihat agak santai,baik dalam memberikan pertanyaan maupun memberikan sanggahan antar paslon.

Hadir dalam Acara debat pertama adalah para paslon, Plt Bupati Karimun Anwar Hasyim, Ketua DPRD Karimun Raja Rafiza, Forkopimda, Bawaslu Karimun, kepala instansi vertikal maupun OPD Karimun terkait, serta pengurus parpol dan simpatisan Paslon masing-masing.

Editor: Surya