Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Optimis Penerbangan Internasional di Bandara Hang Nadim Buka Peluang Ekonomi Baru
Oleh : Redaksi/Alex
Jum\'at | 18-10-2024 | 10:44 WIB
Jeju-Air1.jpg Honda-Batam
Maskapai Jeju Air. (Foto : planespotters.net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menyambut positif peresmian penerbangan reguler rute Incheon, Korea Selatan - Batam yang resmi dibuka dengan penerbangan perdana di Bandara Internasional Hang Nadim, Kamis (17/10/2024). Penerbangan ini dilayani oleh maskapai Jeju Air dengan pesawat Boeing 737-800, penerbangan nomor 7C-5301.

Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto, melalui Kabiro Humas, Promosi, dan Protokol, Ariastuty Sirait, menyatakan penerbangan internasional ini akan mendongkrak iklim investasi di Batam.

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, penerbangan ini juga membuka peluang investasi baru di Batam. "Penerbangan internasional ini dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan, terutama untuk sektor pariwisata dan investasi," ujar Ariastuty.

Pengembangan Bandara Hang Nadim Batam menjadi lebih maju sejak dikelola oleh PT Bandara Internasional Batam (BIB), konsorsium yang melibatkan PT Angkasa Pura I, Incheon International Airport Corporation, dan WIKA sejak Juli 2022.

Sementara itu, Direktur PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, menjelaskan penerbangan langsung ini merupakan hasil kerja sama codeshare antara Jeju Air dan Lion Air Group. Meskipun operasional dilakukan oleh Jeju Air, tiket dapat dibeli melalui sistem Lion Air.

Rute Incheon-Batam-Incheon dijadwalkan terbang tiga kali per minggu, dengan rencana peningkatan frekuensi menjadi empat kali per minggu mulai 27 Oktober 2024. Penerbangan dari Incheon ke Batam beroperasi setiap Rabu, Kamis, dan Minggu, sedangkan penerbangan sebaliknya berlangsung setiap Kamis, Jumat, dan Senin. Jeju Air sebelumnya sudah melayani rute ini dengan penerbangan charter pada tahun 2023.

Editor: Gokli