Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Angkutan Umum, Trailer Terbalik di Mediterania
Oleh : ali/dd
Senin | 22-10-2012 | 15:36 WIB

BATAM, batamtoday - Akibat menghindari angkutan umum Jodoh-Nongsa, sebuah trailer gandeng kontainer bernopol  BP 9772 DY tanpa manifes dengan muatan seberat 18 ton terbalik di jalan raya di depan Perumahan Mediterania, Simpang Kabil- Bandara, Senin (22/10/2012).


Arif, sopir trailer menceritakan bahwa dirinya membawa kontainer tersebut dari arah Batu Ampar menuju ke Citra Buana III.  Di depan Perumahan Mediterania, tiba- tiba angkutan umum yang berada di depannya berhenti mendadak.

"Di belakang angkutan umum itu ada dua mobil. Mereka langsung menyalip, saya langsung mencoba ngerem, dan langsung banting stir ke kanan," kata Arif.

Arif terpaksa banting stir, dikarenakan untuk menghindar dari dua unit mobil sedan yang berusaha menyalip kendaraanya. Akhirnya, kendaraan yang dibawa Arif oleng dan terbalik di pembatas jalan.

Pada saat traler yang dikendarainya oleng, dirinya masih berusaha untuk mengendalikannya dengan terus memegang stir dan menginjak rem. Hingga kendarannya terbalik, dan Arif sempat terjebak di dalam truk yang dikendarainya dan berusaha keluar melalui jendela pintu yang sudah pecah kacanya.

"Kalau nggak aku buang (stir-red.), pasti sudah terbang sedan itu," kata Arif kembali.

Akibat kejadian ini, Arif mengalami luka kecil yang tampak di keningnya dan di bagian kaki kananya terasa sakit akibat terus menahan rem saat truk terbalik.

Terkait isi muatan yang diangkut Arif menggunakan trailer penggandeng kontainer tersebut, Arif mengaku tidak tahu. Menurutnya, kontainer tiba dari Singapura di Pelabuhan Batu Ampar kemarin, Minggu (21/10/2012) dan baru bisa keluar atas persetujuan petugas Bea dan Cukai pada Senin (22/10/2012).

"Enggak tahu isinya apa. Yang jelas kita hanya pekerja, ketika kontainer sudah bisa keluar dari Pelabuhan Batu Ampar. Kami (PT TDL) hanya mengantarnya saja," ujar Arif.