Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Tito Ramaikan Jalan Sehat HUT ke-14 BNPP
Oleh : Irawan
Minggu | 29-09-2024 | 17:04 WIB
mendagri_jalan_sehat_bnpp.jpg Honda-Batam
Mendagri Tito Karnavian membuka jalan sehat dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 BNPP. di Pasar Seni Ancol, Jakarta, Minggu (29/9/2024) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) turut meramaikan jalan sehat dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 BNPP.

Kegiatan yang diikuti seluruh pejabat dan pegawai di lingkup BNPP tersebut berlangsung di Pasar Seni Ancol, Jakarta, Minggu (29/9/2024).

Mendagri melepas langsung para peserta dengan mengibarkan bendera start menandai dimulainya kegiatan tersebut. Saat bendera start dikibarkan, Mendagri bersama peserta jalan sehat menempuh rute di sekitar Pasar Seni Ancol.

Tak hanya memperingati HUT ke-14 BNPP, kegiatan ini juga untuk mempererat kebersamaan jajaran BNPP.

"Kita berkumpul keluarga besar BNPP [untuk] olahraga sekaligus untuk mengakrabkan kita semua dalam suasana yang informal," ujar Mendagri.

Selain jalan sehat, kegaiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan undian doorprize yang semakin menambah antusiasme para peserta.

Dalam kesempatan itu, turut diserahkan secara simbolis melalui sambungan virtual bantuan pemerintah oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian kepada kader PKK di daerah perbatasan, yakni Kabupaten Belu dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Mendagri berharap, ulang tahun BNPP tidak hanya diperingati secara seremonial, tapi juga sebagai momen mengevaluasi kinerja BNPP agar lebih baik. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga eksistesi organisasi.

"Merenung, kontemplasi itu artinya merenung, dan berpikir. Dan kemudian melakukan evaluasi, kira-kira BNPP ini apa plus dan minusnya," jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris BNPP Makhruzi Rahman dalam laporannya mengatakan, peringatan HUT ke-14 BNPP mengusung tema 'Bangun Perbatasan untuk Menyongsong Indonesia Emas'.

Tema ini menekankan harapan bahwa komitmen bersama para pengelola perbatasan dapat terlaksana, sehingga masyarakat di daerah perbatasan lebih sejahtera.

Tak hanya jalan sehat, BNPP juga telah menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-14. Hal itu misalnya dengan menggelar berbagai pertandingan seperti bulu tangkis, catur, tenis meja, dan tarik tambang. Kemudian ada pula lomba karya tulis, video pendek, menggambar, dan foto.

"Kegiatan ini kami laksanakan tidak hanya di Kantor BNPP saja, juga kami laksanakan di 13 PLBN (Pos Lintas Batas Negara)," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh dan Pj. Gubernur Papua Ramses Limbong.

Editor: Surya