Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolsek Bintan Timur Sebut Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024 adalah Tanggung Jawab Bersama
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 25-09-2024 | 14:24 WIB
sosialisasi-Pilkada.jpg Honda-Batam
Sosialisasi Pilkada 2024 yang berlangsung di Kecamatan Bintan Pesisir, Selasa (24/9/2024). (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapolsek Bintan Timur, AKP Firuddin, menegaskan pentingnya peran seluruh elemen masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024.

Pernyataan ini disampaikan saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi Pilkada 2024 yang berlangsung di Kecamatan Bintan Pesisir, Selasa (24/9/2024). Acara tersebut dihadiri oleh pihak kecamatan serta forum RT/RW Desa Kelong.

"Partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 adalah tanggung jawab kita semua. Setiap pihak harus berperan aktif mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak suara. Jangan sampai ada masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya," ujar Firuddin.

Firuddin juga meminta kepada Forum RT/RW sebagai ujung tombak di masyarakat untuk turut menghimbau warga agar bersama-sama mensukseskan Pilkada yang aman, damai, dan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, Firuddin turut menyoroti pentingnya penentuan lokasi tempat pemungutan suara (TPS). "Pembangunan TPS harus memperhatikan jarak tempuh dan lokasi yang mudah diakses warga, sehingga memudahkan pemilih untuk memberikan suaranya," jelasnya.

Selain itu, Kapolsek Bintan Timur juga mengingatkan panitia penyelenggara pemilu untuk bekerja sama dalam proses pergeseran logistik, terutama kotak suara. Ia menekankan pentingnya menjaga agar logistik pemilu tidak rusak selama proses distribusi hingga sampai ke KPUD Bintan.

Firuddin mengajak semua pihak untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, dan stakeholder lainnya, guna menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

"Suksesnya Pilkada bukan hanya tanggung jawab Polri, tetapi juga semua panitia penyelenggara, pihak terkait, dan seluruh elemen masyarakat. Momentum ini diharapkan bisa memperkuat hubungan dan sinergi antar berbagai pihak," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Bintan Pesisir, Assun Ani, memberikan apresiasi kepada Kapolsek Bintan Timur dan jajarannya yang terus menjalin komunikasi dan sinergi dengan pemerintah kecamatan. Ia juga menegaskan pentingnya dukungan dari semua pihak untuk memastikan pelaksanaan Pilkada di wilayah tersebut berjalan dengan baik.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024, agar lebih baik dan meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya," kata Assun.

Kecamatan Bintan Pesisir memiliki 13 TPS yang tersebar di beberapa pulau, dan Assun berharap seluruh pihak dapat mendukung penuh pelaksanaan Pilkada 2024 di daerah tersebut.

Editor: Gokli