Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MAN Insan Cendekia Batam Juara Satu Kompetensi Nasional Cerdas Cermat BI FESyar Regional Sumatera 2024
Oleh : Aldy
Kamis | 19-09-2024 | 14:24 WIB
Kompetisi-Nasional.jpg Honda-Batam
Tim MAN Insan Cendekia Batam, menerima hadiah juara 1 Kompetisi Cerdas Cermat Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Nasional 2024 di Regional Sumatera. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batam, menorehkan prestasi pada kompetensi nasional cerdas cermat regional Sumatra 2024 dengan meraih juara satu.

Kompetisi Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Nasional 2024 di Regional Sumatera tersebut dimenangkan oleh tim dari MAN Insan Cendekia Batam pada Kamis (30/5/2024).

Sebelum MAN Insan Cendikia memenangkan juara satu, lima tim dari lima sekolah dari beberapa daerah di Sumatera telah bertanding dalam kompetisi cerdas cermat di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah, regional Sumatera 2024.

Lima tim tersebut adalah: MAN Insan Cendekia Batam dari Kepulauan Riau; SMAN 10 Padang dari Sumatera Barat; SMKN 1 Tanjungpinang dari Kepulauan Riau; SMAN 1 Matauli Pandan dari Sumatera Utara; dan SMAN 1 Kuala Tungkal dari Jambi.

Kompetisi ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera 2024 yang diadakan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Regional Sumatera.

Posisi pertama berhasil dipertahankan MAN Insan Cendekia Batam dengan jumlah skor 1.450, disusul SMAN 1 Kuala Tungkal sebagai juara 2 dengan skor 1.150.

Dengan demikian, kedua tim ini berhak maju ke babak final KESN 2024 di Jakarta pada November mendatang.

Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, R Eko Adi Irianto, sebagai Ketua Dewan Juri dalam KESN 2024 Regional Sumatera, menyampaikan acara ini merupakan bagian dari strategi Bank Indonesia untuk memperkuat pemahaman seputar literasi ekonomi dan keuangan syariah, terutama di kalangan anak SMA/SMK/MA.

"Sebab, tingkat literasi yang masih rendah, untuk itu hal ini menjadi tantangan kita bersama," kata Eko Adi Irianto.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Riau, Andi Agung, yang turut hadir membuka kompetisi tersebut, mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya kepada seluruh peserta yang mengikuti Lomba Cerdas Cermat KESN 2024 Regional Sumatera ini.

"Kompetisi KESN ini merupakan ajang yang menjadi sarana edukasi, yang harapannya dapat mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi syariah. Dinas Pendidikan Provinsi Kepri terus bersinergi bersama Bank Indonesia untuk mendukung terselenggaranya KESN ini," ujar Andi Agung.

Editor: Gokli