Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Libatkan 40 IKM di Sentra Oleh-oleh, Tawarkan Barang Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Oleh : Aldy
Rabu | 18-09-2024 | 13:24 WIB
Resmikan-Sentra.jpg Honda-Batam
Peresmian Setra Oleh Oleh Batam di Mega Mall oleh Kadis Perindag Gustian Riau (tegah) bersama Sekda Jefridin Hamid (kanan), Selasa (17/9/2024) sore. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), melibatkan 40 IKM binaan untuk dipromosikan di Sentra Oleh-oleh Batam --yang secara resmi dibuka di Mega Mall, Batam Center, Selasa (17/9/2024) sore.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, mengatakan, dengan adanya pusat oleh-oleh yang dibuka berdekatan dengan pelabuhan internasional tersebut, diharapkan dapat jadi pilihan pengunjung untuk berbelanja jajanan khas Batam.

Sehingga, pangsa pasar bagi wisatawan mancanegara juga menjadi salah satu tujuannya. Sentra Oleh-oleh Batam yang dibuka di Mega Mall tersebut merupakan pusat jajanan yang kedua.

"Sebelumnya di MB2 dan sudah habis kontrak, karena kemarin memang kerja sama cuma 2 tahun. Lalu kami pindah ke sini karena peluangnya lebih besar di sini dekat dengan pelabuhan internasional," ujar Gustian, saat pembukaan.

Untuk memperkenalkan Sentra Oleh-oleh Batam kepada pengunjung, Gustian menjelaskan, baik pengunjung domestik maupun mancanegara, pihaknya juga akan membuat brosur serta imbauan agar wisatawan banyak yang singgah dan berbelanja di pusat jajanan tersebut.

"Kalau banyak brosur nanti makin banyak juga yang singgah ke sentra ini," jelasnya dia.

Gustian menyampaikan Sentra Oleh-oleh Batam tersebut di bawah binaan Dekranasda dan Disperindag Kota Batam. Ia juga memastikan produk IKM yang dijual di Sentra Oleh-oleh memiliki harga terjangkau.

"Harga paling rendah sekali, kita baru mulai juga, jadi kita tawarkan harga terjangkau dan kualitas tentu bagus," kata dia.

Adapun sejumlah produk IKM yang ada di Sentra Oleh-oleh Batam, mulai dari produk olahan, fesyen, hingga kerajaninan tangan.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid, menyampaikan Sentra Oleh-oleh Batam menjadi daya tarik baru bagi wisatawan domestik maupuan wisman saat berkunjung kota itu, terutama untuk mencari cenderamata.

Dengan begitu ia berharap, pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dapat lebih giat dalam meningkatkan kualitas dari masing-masing produk agar menjadi pilihan wisman.

"Ini merupakan salah satu magnet terbaru, sebagai tempat bagi pengunjung domestik ataupun mancanegara yang datang ke Batam. Mudah-mudahan para IKM kita bisa produksi lebih baik lagi, sehingga ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencari oleh-oleh," demikian kata Jefridin.

Editor: Gokli