Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sunset to Moonlight Fun Run 2024 Berlangsung Sukses, Diikuti 1.800 Peserta dari 3 Negara
Oleh : Aldy
Minggu | 15-09-2024 | 10:04 WIB
1509_Sunset-to-Moonlight_958458457.jpg Honda-Batam
Sunset to Moonlight Fun Run 2024 secara resmi dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwasata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata dengan melakukan starting. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kota Batam menggelar Sunset to Moonlight Fun Run 2024 dengan menghadirkan peserta dari 3 negara.

Diselenggarakan di kawasan Nuvasa Bay, Nongsa, Kota Batam, Sabtu (14/9/2024) sore. Ribuan peserta antusias mengikuti event yang direncanakan menjadi agenda tahunan ini.

Sunset to Moonlight Fun Run 2024 secara resmi dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwasata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata dengan melakukan starting. Ardi mengatakan Asparnas terbilang masih baru tetapi sudah membuat dunia pariwisata Batam jadi berwarna.

"Assosiasi ini baru dibentuk, tapi sudah bisa membentuk satu event yang membuat Batam semakin menggelora," ujar Ardiwinata.

Partisipasi pada event ini juga tergolong sangat ramai. Bahkan peserta tergabung lebih dari seribu, baik dari lokal maupun dari luar Batam. "Event ini mendatangkan wisatawan ke Batam. Terima kasih kepada Asparnas. Teruslah berkiprah untuk memajukan pariwisata Batam," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Asparnas Batam, Andi Xie, mengatakan, jumlah peserta yang ikut berpartisipasi ada sekitar 1.800 orang. Pihaknya mendapatkan data ada tiga negara yang ikut memeriahkan event tersebut, di antaranya dari China, Singapura dan Malaysia.

"Hanya sedikit waktu yang kita punya untuk promosikan Sunset to Moonlight kali ini. Bisa dikatakan agak mepet waktunya. Untuk mendatangkan tamu dari mancanegara itu butuh waktu, sehingga tidak terlalu banyak peserta dari mancanegara yang ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Akan tetapi, Andi menambahkan, untuk tahun depan persiapannya semakin matang, tentu makin banyak lagi peserta yang bisa kita datang. "Artinya, event seperti ini bisa menopang kunjungan wisman ke Batam," kata Andi.

Dijelaskan Andi, event Sunset to Moonlight Fun Run 2024 ini menempuh rute sepanjang 6 kilometer. Sementara total hadiah yang disiapkan oleh panitia sekitar Rp 250 juta. "Hadiahnya ada motor, Smartphone, dan hadiah lainnya. Dan ada grandprize mobil," sebutnya.

Sementara Ketua DPD Asparnas Kepri, Mulyadi Tan, menyebutkan, pihaknya ingin terus menampilkan sport tourism di Batam dan Kepri. "Ini menarik, karena Batam punya banyak objek. Kita ingin menampilkan sport tourism. Event ini akan menjadi event tahunan yang akan masuk kalender Asparnas," ujarnya.

"Untuk event-event lain pastinya akan kita gelar. Jadi bukan hanya fun run saja, tentu akan ada pagelaran dengan tema yang berbeda," tambahnya.

Tentunya, kata Mulyadi lagi, DPD Asparnas akan support semua DPC Asparnas, dan siap berkolaborasi untuk memajukan dunia pariwisata Kepri.

"Mungkin nanti kami akan menggelar event-event olahraga. Sport tourism itu cukup menarik buat wisatawan asing, dan tentunya tidak mengurangi esensi dari kebudayaan daerah kita. Target 3 juta wisman dari Kemenparekraf optimis dapat tercapai," harapnya.

Salah satu wisatawan China Liao Fang Peng, yang ikut berpartisipasi pada event ini mengatakan, baru pertama kali datang ke Batam. Menurutnya, cuaca Batam sangat baik, jadi tidak perlu banyak beradaptasi.

"Saya berusaha datang membawa ibu saya ke Batam. Kami serombongan ada sekitar 20 orang. Saya dengar Batam wisata pantainya bagus," kata Liao. "Acara ini menarik, ramai wisatawan yang datang. Kemungkinan kami akan kembali ke Batam lagi," pungkasnya.

Editor: Surya