Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Penetapan DPT Pilkada, KPU RI Fokus Tangani Data Anomali dan Data Ganda
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 13-09-2024 | 17:04 WIB
KPU-DPT1.jpg Honda-Batam
Rapat koordinasi persiapan daftar pemilih tetap (DPT) dan pelayanan pemilih pindahan pada Pilkada 2024, di Hotel Swissbell Harbourbay Batam, Jumat (13/9/2024). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada November 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI fokus menangani terkait data anomali.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin saat acara Rapat koordinasi persiapan daftar pemilih tetap (DPT) dan pelayanan pemilih pindahan pada Pilkada 2024, di Hotel Swissbell Harbourbay Batam, Jumat (13/9/2024).

Afifuddin mengatakan jumlah data anomali di Indonesia saat ini sekitar 0,02 persen. Dengan demikian, KPU RI menggelar konsolidasi terkait persiapan DPT serta pelayanan pemilih pindahan untuk Pilkada 2024, dengan tujuan bisa menghasilkan data yang valid dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

Ia juga menekankan pentingnya penghapusan data pemilih ganda yang mungkin masih ditemukan di beberapa daerah. Data pemilih yang ganda akan diverifikasi ulang untuk memastikan hanya ada satu data yang valid.

"Kami pastikan tidak ada lagi data ganda, sehingga DPT yang akan ditetapkan di tingkat kabupaten/kota serta provinsi nantinya benar-benar valid dan tidak ada masalah," kata Afifudin.

Pihaknya optimis seluruh data akan rapi dan valid pada penetapan DPT di hari Minggu mendatang. Selain itu, ia juga meminta dukungan dari semua pihak, termasuk partai politik dan masyarakat, agar proses penetapan calon kepala daerah berjalan lancar.

Diharapkan, Pilkada yang dijadwalkan pada 27 November nanti dapat berlangsung sukses, dengan tingkat partisipasi yang tinggi.

"Kami mengharapkan dukungan penuh dari semua pihak, agar Pilkada 2024 berjalan lancar dan sukses," ujar Afifudin.

Editor: Yudha