Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Resmikan Hotel Nusantara Swissotel, Hotel Bintang Lima Pertama di IKN
Oleh : Redaksi
Jumat | 13-09-2024 | 12:04 WIB
jokowihotel_ikn.jpg Honda-Batam
Presiden Jokowi meresmikan Hotel Nusantara Swissotel i Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024) (Foto: Tangakapan Layar)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Hotel Nusantara Swissotel dan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Nusantara Mall Duty Free di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).

"Saya ingin memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pembangunan Swissotel Nusantara yang dikerjakan dalam waktu 9 bulan," ucap Presiden dalam sambutannya saat peresmian hotel tersebut.

Presiden menceritakan bahwa dia sempat diberitahu oleh Sugianto Kusuma alias Aguan yang merupakan pimpinan dari Konsorsium Nusantara bahwa hotel milik konsorsium itu akan selesai pembangunannya sebelum Agustus 2024.

"Saat itu, waktu konsorsium yang dikomandani Pak Aguan menyampaikan kepada saya, 'Pak, ini nanti sebelum Agustus selesai," ucap Presiden yang kemudian menjawab saat itu, "Maaf Pak, saya tidak percaya".

"Tetapi setelah melihat sekarang seperti ini karena sudah terbukti 9 bulan bisa menyelesaikan hotel bintang lima 191 kamar, bukan pekerjaan yang mudah tapi Indonesia bisa mengerjakan," ujar Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa yang dibutuhkan IKN saat ini adalah keramaian sehingga dengan pembangunan hotel, rumah sakit hingga sekolah maka terbangun sebuah ekosistem perkotaan.

"Memang yang pertama dicari di sini adalah yang pertama crowd harus ramai sehingga terbangun sebuah ekosistem kota, ada penduduknya, ada warganya, ada rumah sakitnya, ada sekolahnya, ada hotelnya, ada malnya, tidak mudah, butuh waktu. Tetapi kepercayaan yang kita bangun kelihatannya diambil betul kesempatan ini peluang yang ada oleh banyak investor dan terutama konsorsium yang dipimpin oleh Bapak Aguan," ucap Presiden.

Kepala Negara juga mengharapkan dengan adanya Nusantara Mall Duty Free juga akan memunculkan keramaian di IKN.

"Kedua mengenai akan dimulainya Nusantara Mall Duty Free, kalau ini selesai dan segera selesai juga ini akan memunculkan keramaian di Ibu Kota Nusantara. Rumah sakit selesai, sekolah selesai, malnya ada, infrastruktur jalan juga sudah memadai, saya kira akan muncul keramaian," kata dia.

Selain itu, Presiden juga mengatakan pemerintah ingin segera mendorong sebanyak-banyaknya aparatur sipil negara (ASN) untuk pindah ke IKN.

"Sebanyak-banyaknya karena memang keramaian yang dibutuhkan oleh IKN dan saya sekali lagi menghargai investasi yang telah dilakukan konsorsium semoga konsorsium mendapatkan untung, tetapi IKN juga mendapatkan untung, dua-duanya mendapat keuntungan sehingga bisa berjalan bersama-sama," ujar Presiden.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Hotel Nusantara Swissotel dan peletakan batu pertama groundbreaking Nusantara Mall Duty Free saya nyatakan dimulai," kata Presiden di akhir sambutannya.

Editor: Surya