Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

iPhone 16 Resmi Meluncur, Ini Spek dan Harganya
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-09-2024 | 16:24 WIB
iphone16.jpg Honda-Batam
iphone 16 dan iphone 16 pro max.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Apple resmi merilis jajaran seri terbaru ponsel flagship mereka, iPhone 16 yang hadir dengan sejumlah pembaruan. Simak spesifikasi lengkapnya.

Peluncuran seri terbaru ini diumumkan oleh CEO Apple Tim Cook dan timnya dalam event 'It's Glowtime' yang digelar dari markas mereka di Cupertino, California, AS, Senin (9/9/2024).

"iPhone generasi berikutnya dirancang untuk Apple Intelligence sejak awal. Ini menandai dimulainya era baru yang menarik," ujar Cook saat peluncuran produk.

Ponsel ini hadir dengan empat varian, yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Berikut spesifikasi dari keempat varian tersebut:

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan chipset terbaru, A18, yang dirancang untuk mengusung Apple Intelligence. Chip ini menawarkan kapasitas memori yang lebih besar dan Neural Engine 16-core terbaru.

Apple mengklaim chip A18 ini dapat "menghasilkan lompatan besar dalam hal performa dan efisiensi", serta peningkatan dari segi daya tahan baterai.

iPhone 16 hadir dengan layar OLED display berukuran 6,1 inch. Layarnya punya resolusi 2556 x 1179 pixel dengan 460 pixel per inch (ppi). Sementara, iPhone 16 Plus hadir dengan layar yang lebih besar, yakni 6,7 inch.

Kedua layar ini mendukung teknologi Super Retina XDR, HDR, dan memiliki lapisan pelindung oleophobic serta kaca keramik tahan gores. Tingkat kecerahan maksimalnya 2.000 nits.

Posisi kamera pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mengalami perubahan. Sebelumnya, pada iPhone 15 kamera belakang tersusun secara diagonal, tapi kini menjadi vertikal.

Kedua ponsel dilengkapi dengan kamera belakang ganda, dengan kamera utama 48 MP yang memiliki teknologi Sensor-shift OIS, sementara kamera kedua adalah kamera ultra-wide 12 MP.

Melansir Apple Newsroom, kamera Fusion 48 MP memungkinkan opsi Telefoto 2x kualitas optik. Sementara, kamera Ultra Wide 12 MP baru memungkinkan fotografi makro hingga menangkap cahaya 2,6x lebih banyak untuk kualitas gambar yang lebih tinggi.

Desain kedua varian ini tetap elegan dengan bahan kaca di bagian belakang dan bingkai alumunium. Kedua varian juga sudah memiliki sertifikasi IP68 yang tahan air dan debu.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan lima pilihan warna, yakni hitam, putih, pink, ultramarine, dan teal.

Ponsel baru ini juga dilengkapi fitur kecerdasan buatan (AI), Apple Intelligence. Teknologi ini disebut memanfaatkan kemampuan Apple silicon untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, melakukan tindakan di seluruh aplikasi, serta memanfaatkan konteks personal untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari.

Apple Intelligence dapat dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan kemampuan menulis dan dan komunikasi agar lebih efektif.

Harga iPhone 15 dibanderol mulai US$799 (setara Rp 12,3 jutaan). Sementara, iPhone 16 Plus dijual dengan harga mulai US$899 (setara Rp 13,8 jutaan).

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Jajaran iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan ukuran yang sedikit lebih besar, yakni 6,3 inch dan 6,9 inch.

Sama seperti pendahulunya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga hadir dengan bodi yang terbuat dari titanium. Dua varian ini juga telah dilengkapi dengan tombol Camera Control dan Action Button seperti iPhone 16.

Kedua varian ponsel ini didukung chip A18 Pro, yang dibangun dengan teknologi 3 nm. Chip ini menawarkan kapasitas memori yang lebih besar dan Neural Engine 16-core terbaru.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max menyematkan tiga kamera di bodi belakang, dengan kamera utama 48 MP Fusion Camera. Selain itu, ada juga kamera ultra-wide 48 MP dan telephoto 12 MP tetraprism dengan kemampuan zoom optic 5x.

Sama seperti varian iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, kedua varian ini juga dibekali fitur Apple Intelligence.

"Apple Intelligence menjaga privasi dan keamanan data pengguna dengan Komputasi Cloud Pribadi. Pendekatan inovatif ini memberikan kemampuan untuk menyesuaikan dan meningkatkan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat dan model berbasis server yang lebih besar yang berjalan di server Apple silicon khusus," demikian keterangan Apple.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan tersedia dalam warna titanium hitam, titanium natural, titanium putih, dan titanium desert, dengan kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB.

iPhone 16 Pro dibanderol mulai US$999 (setara Rp 15,4 jutaan), sedangkan iPhone 16 Pro Max dijual dengan harga mulai US$1.199 (setara Rp 18,5 jutaan).

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha