Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Roby Serahkan Bantuan Mobil ke RSDU Bintan dan Sepeda Motor untuk Sejumlah Puskesmas
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 11-09-2024 | 16:04 WIB
Bantuan-Mobil.jpg Honda-Batam
Bupati Roby Kurniawan, saat menyerahkan secara simbolis bantuan mobil penunjang layanan kesehatan kepada RSUD Bintan, Rabu (11/9/2024). (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bupati Roby Kurniawan menyerahkan bantuan kendaraan penunjang fasilitas layanan kesehatan ke RSUD Bintan dan sejumlah Puskesmas.

Penyerahan bantuan kendaraan ini disejalankan dengan peresmian Gedung Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan layanan Unit Stroke di RSUD Bintan, Rabu (11/9/2024).

Adapun bantuan mobil, 1 unit Toyota Avaza diberikan kepada RSUD Bintan, sebagai penunjang layanan terhadap pasien rawat jalan. Mobil ini, bukan untuk operasional pribadi pihak rumah sakit.

Sementara sejumlah Puskesmas mendapat bantuan sepeda motor, yang peruntukannya sebagai penunjang layanan kesehatan keliling.

"Jadi nanti, kalau ada yang rawat jalan, mobil ini siap mengantar pasien pulang secara gratis. Dengan catatan, memiliki dokumen domisili di Kabupaten Bintan," ujar Bupati Roby.

Lanjut Bupati Roby, ruang NICU dan layanan Unit Stroke di RSUD Bintan, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Bintan. "Unit Stroke itu diperuntukkan bagi rawat inap pasien yang mengalami penyakit stroke akut. Pasien dirawat inap atau tidak ditentukan oleh dokternya," papar Roby.

Meski sudah diresmikan, fasilitas NICU belum dapat difungsikan secara optimal. Sebab, masih menunggu sumber daya manusia (SDM) untuk merawat bayi yang baru melahirkan usia nol hingga 28 hari. Begitupun juga Gedung Pediatric Intensive Care Unit (PICU) untuk perawatan bayi usia 28 hari ke atas, belum difungksikan secara optimal karena tenaga medisnya harus memenuhi standar kompetensi pelayanan kesehatan.

"Tenaga medis yang dibutuhkan di Pelayanan NICU dan PICU, yakni dokter spesialis anak 4 orang dan tenaga perawat minimal 8 orang di masing-masing pelayanan. Untuk itu, SDM-nya harus mempunyai standar pelayanan yang harus dilengkapi seperti ikut pelatihan dan lainnya," jelas Roby Kurniawan.

Editor: Gokli