Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kolaborasi Bangun Ekosistem Startup Nasional Lewat NextHub Global Summit 2024
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-09-2024 | 15:24 WIB
NextHub-Summit-2024.jpg Honda-Batam
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Nexticorn Foundation akan menggelar NextHub Global Summit 2024: 'Defrost the Tech Winter'. (Kominfo)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Nexticorn Foundation akan menggelar NextHub Global Summit 2024: 'Defrost the Tech Winter'.

Menkominfo Budi Arie Stiadi menyatakan kolaborasi tersebut merupakan upaya membangun ekosistem startup nasional yang agile, resilient, berdaulat dan berkelanjutan.

"Saya rasa tidak berlebihan jika saya menyatakan bahwa agenda ini akan menjadi 'The biggest startup matchmaking event in the region' dengan misi untuk membangun ekosistem startup nasional yang agile, resilient, berdaulat dan berkelanjutan," ujarnya dalam Konferensi Pers NextHub Global Summit 2024 di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (11/09/2024), demikian dikutip laman Kominfo.

Menurut Menteri Budi Arie, acara yang akan berlangsung dari tanggal 23 - 25 September 2024 di Nusa Dua Bali itu akan dihadiri 140 startup, 120 venture capital dan 20 global enterprises dari Asia, Amerika dan Eropa.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga menggelar global conference yang membahas peluang dan tantangan pengembangan startup digital di Asia Tenggara. "Berkolaborasi dengan Techsauce Media untuk mendorong kerja sama antar negara dalam menghadapi tantangan global," tuturnya.

Chairman Nexticorn Foundation, Rudiantara, mengungkapkan kolaborasi ini menjadi upaya bersama mendorong pertumbuhan startup di Indonesia dalam menghadapi tantangan ekosistem terkini. "Di tengah kondisi global yang tidak pasti atau tech-winter. Ini kolaborasi namanya atau bahasa kita namanya gotong royong," ungkapnya.

Menurut Rudiantara, Kementerian Kominfo dan Nexticorn telah berkolaborasi sejak tahun 2022 untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem startup digital nasional lewat pertemuan matcmaking dengan venture capital atau investor dari luar negeri.

"Nexticorn untuk mendukung pengembangan startup later-stage agar bisa menjadi unicorn, sementara Kementerian Kominfo fokus mengembangkan startup early-stage hingga mid-stage," jelasnya.

Upaya tersebut ditargetkan untuk mengembangkan dan menambah jumlah startup unicorn di Indonesia. "Tahun Ini kita sampai saat ini belum ada lagi unicorn di tahun 2024. Tahun lalu kita masih ada total 22. Tahun 2022 itu cukup banyak unicorn di Indonesia," tuturnya.

Tahun ini, kolababorasi Kementerian Kominfo dan Nexticorn akan mempertemukan pelaku startup Indonesia baik early-stage, mid-stage hingga later-stage. "Namanya Next-Hub. Mudah-mudahan ekosistem startup kita makin baik untuk semua stage, early stage, mid stage dan juga untuk later stage. Ini contoh gotong royong antara pemerintah Kominfo dengan Yayasan sebetulnya," jelasnya.

Dalam konferensi pers tampak hadir Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Hokky Situngkir, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Bonifasius Wahyu Pudjianto dan Staf Khusus Menteri Kominfo Sugiharto.

Editor: Gokli