Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puan Beri Arahan Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP agar Sapu Bersih Pilkada 2024
Oleh : Irawan
Minggu | 08-09-2024 | 09:32 WIB
pilkada_jeteng_puan.jpg Honda-Batam
Ketua DPR Puan Maharani memberikan pengarahan soal strategi pemenangan untuk Pilkada di Jawa Tengah (Jateng) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Politik, Puan Maharani memberikan pengarahan soal strategi pemenangan untuk Pilkada di Jawa Tengah (Jateng).

Ia pun yakin Jateng masih merupakan kandang banteng sehingga optimistis PDIP dapat meraih kemenangan.

Hal tersebut disampaikan Puan saat memberi pengarahan dalam Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) di Kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (4/9/2024).

Rakerdasus ini dihadiri ratusan kader dan simpatisan PDIP se-Jawa Tengah yang membahas strategi pemenangan calon pasangan yang diusung PDIP untuk Pilkada Jateng.
Saat memberikan pengarahan di Rakerdasus yang digelar tertutup tersebut, Puan meyakini PDIP masih dapat mempertahankan gelar kandang Banteng di Jawa Tengah.

"Insyaallah, targetnya menang," tegas Puan.

Rakerdasus ini turut dihadiri pasangan calon yang diusung PDIP dalam Pilgub Jateng, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi), serta Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto. Sementara itu dari jajaran DPP tampak hadir Ganjar Pranowo dan Adian Napitupulu.

Para bakal calon kepala daerah lainnya yang diusung PDIP untuk Pilkada Jateng juga hadir pada rapat konsolidasi tersebut.

Terkait Rakerdasus yang diadakan DPD PDIP Jateng, Puan mengungkapkan hal itu dilakukan untuk mengkonsolidasikan persiapan pasca pendaftaran pilkada sambil menunggu semua proses selesai hingga kemudian diumumkan penetapannya pada tanggal 22 September mendatang.

"Jadi agar seluruh struktur di Jateng nantinya siap menjalankan proses pilkada yang akan datang," pesan perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

Meski optimis PDIP akan sukses meraih kemenangan, Puan meminta kader untuk tidak jemawa. Ia pun tak mengungkapkan secara eksplisit apakah calon kepala daerah yang diusung PDIP akan melakukan sapu bersih di Pilkada Serentak 2024.

"Kalau kemudian kita bilang sapu bersih kayanya itu terlalu sombong, semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Jadi kita semuanya berjuang sama-sama," kata Puan.

Lebih lanjut, cucu Proklamator RI Bung Karno ini berharap Pilkada Serentak di Jawa Tengah bisa berlangsung jujur dan adil. Puan juga berharap semua pihak mengedepankan politik santun yang beretika.

"Kemudian yang pasti pilkada ke depan ini harus dilangsungkan secara santun, beretika, jujur dan adil. Biar rakyat Jawa Tengah yang memilih pemimpin," harap mantan Menko PMK itu.

Kepada awak media yang hadir, Puan memastikan kader PDIP siap untuk berjuang total pada Pilkada Serentak 2024.

"Bagaimana semuanya itu, harus siap untuk bisa menjalankan semua proses struktur tiga pilar partai, semuanya juga siap untuk memenangkan pilkada. Untuk strategi khusus ya harus siap," jelas Puan usai memberi pengarahan di Rakerdasus PDIP Jateng.

Saat ditanya pewarta terkait isu perang bintang di Pilgub Jawa Tengah, Puan menyampaikan kebetulan para tokoh memang memiliki pangkat bintang dari institusi pekerjaan sebelumnya, bukan berarti Pilgub Jateng adalah perang bintang.

"Ini kan bukan perang bintang, ini sama-sama calon yang kebetulan punya bintang. Bukan perang bintang lah, serem banget," tukasnya.

Hingga saat ini, belum ada penunjukan siapa tokoh PDIP yang dipilih untuk menjadi ketua pemenangan Pilkada di Jateng.

"Tapi yang pasti, PDIP akan memilih kader terbaik untuk memimpin pemenangan di Jateng," pungkas Puan.

Editor: Surya