Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati Hari Pramuka ke-63, Wabup Bintan Ajak Praja Muda Karana Jadi Agen Perubahan
Oleh : Harjo
Sabtu | 07-09-2024 | 14:24 WIB
Pramuka-Bintan.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Ahdi Muqsith, menyalami anggota Pramuka Bintan, usai menggelar upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Bintan, Jalan Tok Sadek, Kelurahan Tembeling Tanjung, Jumat (6/9/2024) sore. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Bintan menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024, yang dipimpin langsung Wakil Bupati Ahdi Muqsith.

Upacara berlangsung di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Bintan, Jalan Tok Sadek, Kelurahan Tembeling Tanjung, Jumat (6/9/2024) sore.

Kwarcab Bintan mengusung tema nasional yaitu 'Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI'. Tema tersebut, ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 104 Tahun 2024 tentang Tema dan Logo 63 Tahun Gerakan Pramuka.

Wabup Ahdi Muqsith menyampaikan, gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill dan soft skill serta dilengkapi dengan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual maupun fisik yang merupakan postur ideal seorang Praja Muda Karana (Pramuka). Generasi yang diharapkan sebagai pembawa perubahan untuk Bangsa Indonesia.

"Pramuka bukan hanya sebatas aktivitas berkemah dan belajar keterampilan bertahan di alam liar, namun pramuka merupakan sekolah kehidupan dan tempat belajar bekerja sama, bertanggungjawab, disiplin, sehingga memiliki semangat pantang menyerah," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, nilai-nilai tersebut akan membimbing anggota Pramuka dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan di masa depan. Melalui semangat kebersamaan yang ditanamkan oleh gerakan Pramuka diharapkan bisa menjadikan semangat saling menghargai perbedaan, menghormati sesama, sehingga bisa menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang.

Hal tersebut yang menjadikan Pramuka sebagai wadah untuk membentuk karakter yang kuat dan memiliki dampak positif dalam kehidupan sehari hari. Wabup Osit juga menyampaikan bahwa masa depan yang baik tidak akan pernah datang dengan sendirinya tetapi harus dirancang bersama-sama sehingga potensi yang dimiliki bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Editor: Gokli