Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadirkan Lebih Banyak Lagu Anak Bermutu, Kemendikbudristek Kembali Gelar KILA 2024
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-09-2024 | 12:04 WIB
KILA-2024.jpg Honda-Batam
Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, kembali mempersembahkan perhelatan Pentas Musik Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA) 2024. (Kemendikbudristek)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, kembali mempersembahkan perhelatan Pentas Musik Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA) 2024.

Pergelaran KILA 2024 merupakan program kelima kalinya dilaksanakan oleh Kemendikbudristek. KILA merupakan wujud nyata kepedulian dan komitmen dalam membentuk ekosistem musik Indonesia serta usaha sosialisasi lagu anak Indonesia.

Guna menyebarluaskan penyelenggaraan KILA 2024 kepada masyarakat, Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek telah melaksanakan serangkaian sosialisasi di berbagai kota, antara lain, Surabaya, Solo, Denpasar, Jakarta, dan Palembang.

Antusiasme dan apresiasi pada penyelenggaraan KILA dari tahun-tahun sebelumnya berhasil diraih. KILA telah menghibur ribuan anak-anak yang menghadiri kegiatannya. Oleh karena itu, pada penyelenggaraan KILA 2024, panitia turut menyosialisasikan hingga ke berbagai lembaga pendidikan, ratusan pengajar di berbagai kabupaten/kota. Dengan tujuan agar lagu-lagu KILA bisa dinikmati oleh banyak penikmat musik anak-anak.

Terkait pelaksanaan KILA 2024, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayan, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengajak semua masyarakat mendukungnya sehingga dapat meningkatkan kualitas lagu dan musik anak serta mewujudkan sistem pendidikan yang aman, nyaman, maupun beretika.

Mahendra menyebut, Festival KILA dinilai juga ikut andil melahirkan banyak karya seni musik yang tinggi kekayaan budaya dan kearifan lokal sehingga berdampak pada munculnya talenta musisi anak-anak di Indonesia. "KILA menjadi wadah serta sarana mendekatkan para anak-anak dengan kekayaan musik dan lagu tradisi. KILA menstimulus terciptanya dan aransemen lagu anak yang berasal dari kearifan lokal," ujar Mahendra, di Jakarta, Kamis (5/9/2024), demikian dikutip laman Kemendikbudristek.

Selanjutnya Mahendra menuturkan bahwa KILA juga menjadi jawaban atas kerinduan masyarakat yang menginginkan bermunculan kembali lagu anak-anak yang menghibur dan memiliki nilai edukatif, untuk membentuk karakter baik pada anak.

KILA telah melakukan pengenalan lagu-lagu anak karya pemenang lomba cipta lagu KILA dari tahun 2020 sampai 2022 di setiap sekolah. Lagu-lagu yang diperkenalkan tersebut mengandung pesan tentang kerukunan, hubungan pertemanan, rasa syukur, toleransi dan penghormatan kepada orang tua, serta keindahan alam Indonesia.

Pada tahun 2024, KILA akan melakukan kegiatan pementasan lagu anak bertajuk Simfoni Sahabat Nusantara pada Jumat (6/9/2024) di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbudristek, dengan menampilkan beberapa Duta KILA yang membawakan lagu-lagu baru karya pemenang lomba cipta lagu tahun 2024 dan aransemen tahun 2024.

Berikut adalah daftar keeam pemenang lomba menyanyi KILA 2024, yaitu Emilia Bening Nirwasita, Gendhis Nauli Gritalea Utama, Aji Saputra, Zaneta Miracle Sitorus, Luna Clara Ekklesia Nauli P, dan Sheena Ulkema Nadine.

Sementa itu pada kategori karya cipta lagu KILA 2024 terdapat enam peserta terpilih yaitu, Apriyanto (Indahnya Indonesia), Leonardo Agus Wahyudi M (Bermain Kendang), Atielda Ashley Renova T (Senangnya Menjadi Anak Indonesia), Felicia Chandra (Bersatu Dalam Perbedaan), Ria Phaing Kanisa (Indonesia Kaya), dan Dwiarfita Oktaviani & Endro Baskoro (Harmoni Nusantara). Lalu terdapat pula satu peserta terpilih dalam kategori aransemen lagu anak daerah, yaitu Silvester Perwito Atang Muda dengan lagu Cik-Cik Periuk yang berasal dari Kalimantan Barat.

Editor: Gokli