Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Revolusi Pengalaman Pelanggan

XL Axiata Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan Promo Ekslusif dan Ragam Fitur AI
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 04-09-2024 | 19:04 WIB
HPN-XL-Axiata1.jpg Honda-Batam
Head Sales W-Northern Sumatra 1, Horas Lubis (kedua dari kiri) dan Head Direct Channel Region West, Nadra Dwiyana (paling kanan) saat menyerahkan apresiasi kepada pelanggan setia XL Axiata di XL Center Diponegoro Medan, Rabu (4/9/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tak berhenti untuk berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Salah satu langkah yang beberapa tahun terakhir ini dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) guna memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan setia dalam menggunakan layanan dari XL Axiata.

Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional 2024, XL Axiata juga menghadirkan beragam promo khusus sebagai apresiasi kepada pelanggan, selaras dengan komitmen XL Axiata untuk "XL Axiata Selalu Ada untuk Indonesia" #Jadi Lebih Baik.

"Peringatan Hari Pelanggan setiap tahun kami maknai sebagai momentum untuk evaluasi diri guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Saat ini kami menggunakan AI antara lain untuk memahami perilaku pelanggan, termasuk juga apa yang pelanggan harapkan dari layanan kami. Dengan bantuan AI tersebut kami mampu menghadirkan berbagai kemudahan bagi pelanggan, juga berinovasi dalam mengembangkan produk-produk yang sesuai kebutuhan pelangan," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Rabu (4/9/2024).

Dian melanjutkan, inovasi yang didukung oleh teknologi dan AI telah melahirkan sejumlah fitur dan layanan baru yang kini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan XL Axiata, fitur dan layanan tersebut di antaranya:

1. Fitur Cek Masa Aktif. Fitur yang telah dipadukan dengan teknologi dan AI ini terdapat di Aplikasi myXL dan AXISNet. Fitur ini secara proaktif akan menginformasikan kepada pelanggan terkait masa aktif nomor, sehingga kini pelanggan tidak perlu lagi khawatir kartunya hangus.

2. Fitur Special For You dan Hanya Untukmu. Fitur yang sudah diimplementasikan pada Aplikasi myXL dan AXISNet ini akan memberikan rekomendasi promo menarik spesial sesuai kebutuhan berdasarkan profile dan history pelanggan.

3. Layanan Alifetime dan XL Poin. Melalui layanan loyalty special untuk pelanggan ini, pelanggan bisa mendapatkan tambahan kuota dan voucher diskon menarik dengan menukarkan AXISCoin & XL Poin yang diperoleh dari setiap transaksi yang dilakukan. Layanan ini telah tersedia di aplikasi myXL dan AXISNet.

4. Bayar Tagihan XL SATU. Layanan ini menghadirkan kemudahan pelanggan XL SATU dalam melakukan transaksi pembayaran tagihan paling mudah melalui website dan whatsapp XL SATU. Pelanggan bisa mencoba sekarang di website: https://satu.xl.co.id/

5. Fitur Bantuan Baru di Website. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mencari topik bantuan di website https://www.xl.co.id/bantuan. Melalui fitur ini, kini pelanggan dapat mencari berbagai macam topik seputar informasi layanan XL Axiata, baik melalui pilihan topik yang telah tersedia maupun melalui fitur pencarian.

Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari mana saja. Di antaranya, layanan XL Center online, call center, dan layanan digital care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet. Tersedia juga kanal digital seperti E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada 58,5 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan kontak pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

Bagi XL Axiata, pelayanan bagi pelanggan juga menjadi salah satu budaya karyawan XL Axiata. Melalui salah satu core values "Obsession for Customers", karyawan terus berupaya untuk mencari tahu dan secara tulus peduli terhadap kebutuhan pelanggan serta secara aktif mengambil peran untuk memberikan pelayanan yang extra mile terhadap pelanggan. Sebagai bagian dari culture ini, XL Axiata memiliki beberapa program yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, menerima feedback dan masukan untuk terus mengembangkan layanan, serta membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Pada tahun sebelumnya, XL memiliki program AKBAR (Akrab Bareng Retail Outlet) dan akan terus dilanjutkan di tahun ini, dimana ada lebih 1500 karyawan yang bertemu dan berinteraksi dengan pelanggan di seluruh Indonesia untuk mendapatkan feedback dan masukan terkait layanan XL. Melalui program yang berkelanjutan ini, XL berkomitmen untuk terus menjadikan kebutuhan pelanggan sebagai hal utama agar XL bisa mencapai purpose "we bring the world closer in a simple way for brighter life".

Promo khusus Hari Pelanggan

Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2024, pada tanggal 4 Septermber 2024 ada dua pelanggan setia terpilih yang hadir secara langsung ke XL Center XL Axiata Tower, mendapatkan apresiasi langsung dari perwakilan manajemen XL Axiata. Tak hanya itu, 25 pelanggan pertama yang berkunjung di XL Center Axiata Tower, XL Center Martadinata Bandung, XL Center Pemuda Surabaya, dan di XL Center Medan akan mendapatkan merchandise khusus hari pelanggan. Sementara itu pada program digital, akan digelar acara giveaway bareng Maya, pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah eksklusif Hari Pelanggan Nasional khusus dari Maya.

Selain itu, masih dalam rangkaian program dalam menyambut Hari Pelanggan ini, XL Axiata juga menghadirkan sederet pilihan promo spesial dari masing-masing produk unggulan yang bisa diperoleh pelanggan melalui aplikasi myXL, AXISnet, dan website: https://satu.xl.co.id/.

1. Promo Hari Pelanggan XL Prabayar
- Rayakan Hari Pelanggan dengan XL Poin. Dapatkan berbagai voucher diskon menarik mulai dari 1 Poin untuk Kopi Kenangan, hingga potongan 70% untuk kuota Instagram 4GB, dan berbagai benefit menarik lainnya berlaku pada 3-5 September 2024.
- Khusus pelanggan XL terpilih, Bonus Kuota Hingga 5GB dengan beli paket minimal Rp 40 ribu di myXL Special For You berlaku pada 1-4 September.

2. Promo Hari Pelanggan AXIS
- Bonus Alifetime Spesial Hari Pelanggan : Unlimited Free Fire, Mobile Legends, Tiktok, Facebook, Instagram hingga 3 Jam berlaku pada tanggal 4 September
- Khusus pelanggan AXIS terpilih, Bonus Kuota 1GB dengan beli paket minimal Rp 20Ribu di AXISNet Hanya Untukmu, berlaku pada tanggal 1-4 September 2024
- Dapatkan Bonus Kuota hingga 20GB 30hr di fitur baru FLASH WAR Alifetime. Pelanggan bisa menukar AXIS Coin dengan tiket Flash War mulai dari 10 September 2024

3. Promo Hari Pelanggan XL PRIORITAS
- Bonus kuota 3GB untuk 3 hari di myXL XL PRIORITAS. Promo ini hanya berlaku pada tanggal 4 September 2024.
- Exclusive Merchandise untuk pelanggan yang melakukan aktivasi PRIORITAS Gold ke atas. Promo ini hanya berlaku pada tanggal 4 Septermber 2024, dan hanya tersedia terbatas di XL Center terpilih.
- Cashback up to 40% Kopi Kenangan. Pelanggan dalam melakukan redeem promo ini di @PRIO CLUB pada periode 4 hingga 31 September 2024.

4. Promo Hari Pelanggan XL SATU
Pada momentum Hari Pelanggan ini, 100 pelanggan baru pertama yang berlangganan XL SATU Maju Jalan (Mau Tujuh Jadi Sembilan) akan mendapatkan bonus Paket IoT smart home dari Rabit senilai Rp 850 ribu. Promo ini berlaku hingga 30 September 2024.

Paket XL SATU Maju Jalan:
-VALUE: WiFi Rumah Unlimited up to 50Mbps + Kuota HP Sekeluarga 10GB. Pembayaran mulai dari Rp 1.603.000,- untuk 9 bulan, setara dengan Rp 178 rban/bulan
- SMART: WiFi Rumah Unlimited up to 75Mbps + Kuota HP Sekeluarga 15GB. Pembayaran mulai dari Rp 1.673.000,- untuk 9 bulan, setara dengan Rp 185 rban/bulan
- FAMILY: WiFi Rumah Unlimited up to 150Mbps + Kuota HP Sekeluarga 25GB. Pembayaran mulai dari Rp 2.233.000,- untuk 9 bulan, setara dengan Rp 248 rban/bulan
*Syarat & Ketentuan Berlaku, selama persediaan masih ada

Selain itu, XL SATU juga memberikan apresiasi berupa paket IoT smart home dari Rabit senilai Rp 1,2 juta kepada 50 pelanggan terpilih karena kesetiaan mereka menggunakan layanan XL SATU.

5. Promo XL Axiata Business Solutions
XL SATU BIZ menawarkan promo istimewa di Hari pelanggan. Dapatkan paket lengkap untuk bisnis Anda, internet cepat 100 Mbps, instalasi gratis, dan aplikasi Majoo. Semua dalam satu langganan XL SATU BIZ.

XL Axiata juga dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2024 memberikan apresiasi kepada pelanggan setia XL SATU di Kota Bandar Lampung dan kegiatan donor darah di Kantor XL Center Lampung, Jl. Jend. Sudirman No.23, Kota Bandar Lampung, Lampung, Rabu (4/9/2024). Sebagai bentuk terima kasih atas kepercayaan pelanggan, XL Axiata memberikan souvenir kepada sejumlah pelanggan terpilih di Kota Bandar Lampung.

Penyerahan apresiasi ini diserahkan langsung oleh Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi kepada Sri Lestari di Pesona Rajabasa, Kota Bandar Lampung sebagai pelanggan setia XL SATU.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, "Peringatan Hari Pelanggan Nasional setiap tahun kami maknai sebagai momentum untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk terima kasih atas kepercayaan pelanggan terhadap layanan XL SATU. Kami juga menggelar kegiatan sosial donor darah yang bekerjasama dengan Karyawan XL Axiata, MTXL Axiata, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandar Lampung, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung, dan pelanggan XL Axiata. Darah yang terkumpul disumbangkan melalui PMI Kota Bandar Lampung untuk masyarakat yang membutuhkan."

Desy menambahkan pertumbuhan pelanggan XL SATU di Lampung terus meningkat, oleh karena itu XL SATU akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas jangkauan jaringan. XL SATU juga menawarkan promo menarik bagi pelanggan baru. Berharap promo ini dapat semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses internet.

Donor darah yang dilaksanakan hari ini, total dari 50 orang yang mendaftar, terkumpul sebanyak 42 kantong darah yang bisa dikumpulkan dari para pendonor.

Donor darah akan menjadi kegiatan rutin di Kantor XL Center Lampung. Banyak manfaat donor darah yang bisa dirasakan. Di antara beberapa manfaat donor darah untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis.

Editor: Yudha