Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta

Paus Fransiskus Tiba di Indonesia dengan Pesawat Komersial Alitalia, bukan Jet Pribadi
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-09-2024 | 12:04 WIB
paus_mendarat.jpg Honda-Batam
Paus Fransiskus tiba di Indonesia hari ini, mendarat di Bandara Soekarno Hatta, dijadwalkan akan melakukan lawatannya di Indonesia mulai 3-6 September 2024 (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Paus Fransiskus tiba di Indonesia hari ini. Pemimpin gereja Katolik dunia dan Kepala Negara Vatikan itu memulai lawatannya di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat yang ditumpangi Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024), pukul 11.26 WIB. Paus menggunakan pesawat komersial, Alitalia, bukan jet pribadi.

Karpet merah tampak sudah disiapkan untuk menyambut pemimpin Vatikan tersebut. Paus Fransiskus terlihat memakai kursi roda. Dia menerima bunga dari dua anak-anak asal Indonesia.

Paus Fransiskus akan menaiki mobil biasa jenis Innova Zenix dan bukan mobil mewah maupun mobil anti peluru selama berada di Indonesia. Usai tiba, Paus akan langsung menuju Kedubes Vatikan untuk menginap selama melakukan lawatan di Indonesia.

Kedatangan Paus disambut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Piero Pioppo, dan Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Gandi Sulistiyanto.

Tampak pula Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Antonius Subianto Bunyamin, dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan. Terlihat pengamanan ketat saat Paus Fransiskus tiba.

Paus Fransiskus melakukan serangkaian kegiatan di Jakarta mulai hari ini hingga 6 September 2024. Nantinya, selama berada di Jakarta, Paus akan menggunakan kendaraan Kijang Innova Zenix.

Pada 4 Agustus 2024, Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Istana Negara bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada hari yang sama, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi Gereja Katedral.

Di hari itu pula, Paus akan menghadiri pertemuan dengan murid-murid sekolah lati Scolas Occurentes di Grha Pemuda, Jakarta.

Kemudian, keesokan harinya, pada 5 September 2024, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Panitia mengimbau umat Katolik yang tidak memiliki tiket menyaksikan misa secara live streaming.

Hal itu disampaikan jubir Panitia Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, Romo Thomas Ulun Ismoyo, di Gereja Katedral. Thomas mengatakan pelaksanaan misa pada Kamis (5/9/2024) itu akan menerapkan protokol keamanan yang ketat.

"Ini ibadat ini misa dalam kebersamaan, namun perbedaannya adalah yang memimpin Paus, setingkat kepala negara. Jadi pengamanan adalah pengamanan kepala negara. Jadi, kalau ada tidak kenyamanannya di sana-sini, mohon toleransinya," kata Thomas.

Dia meminta umat Katolik yang bisa hadir secara langsung mematuhi ketentuan panitia dan aturan dari Paspampres. Dia meminta umat yang sudah memiliki tiket datang lebih awal.

Thomas menjelaskan ada 59 gereja Katolik di wilayah Keuskupan Agung Jakarta yang melaksanakan misa dengan menyaksikan live streaming dari Stadion GBK. Dia berharap umat Katolik yang tidak bisa hadir di Stadion GBK merayakan kegembiraan di gereja masing-masing.

Usai dari Indonesia, Paus akan melanjutkan perjalanan ke Papua Nugini, lalu ke Timor Leste hingga Singapura.

Paus Fransiskus merupakan Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Kunjungan pertama dilakukan Paulus VI pada 3-4 Desember 1970 dan Paus Santo Yohanes Paulus II pada 9-14 Oktober 1989.

Editor: Surya