Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indosat Ooredoo Hutchison Dapat Penghargaan Internasional Berkat Implementasi Empatik AI
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-09-2024 | 09:04 WIB
indiosat_oredeo.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali meraih penghargaan di ajang bergengsi Stevie Awards 2024 untuk kategori HR Department of the Year. Indosat menjadi satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang memenangkan kategori ini.

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Indosat dalam mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), sehingga karyawan tidak menjadikan AI sebagai ancaman, melainkan sebagai sahabat.

Indosat telah mengimplementasikan AI dan Robotic Process Automation (RPA) untuk meningkatkan produktivitas karyawan dengan mengambil alih tugas-tugas repetitif.

Tugas administratif yang sebelumnya membutuhkan waktu satu hari kini hanya memerlukan waktu sepuluh menit.

Indosat juga memiliki asisten virtual AI bernama 'ASTRID' (Assistant for Robotic Administration Indosat), yang tidak hanya mampu mengelola data, mengintegrasikan aplikasi untuk menghasilkan talent predictive analytics.

Tetapi juga mampu menunjukkan empati dengan menjawab pertanyaan harian karyawan dan mengirim pesan dukungan yang personal kepada karyawan-karyawan yang membutuhkan.

Hingga saat ini, lebih dari 3.100 pesan telah dikirim, menciptakan komunikasi yang kuat dan personal antara Indosat dan para karyawannya.

Irsyad Sahroni, Director and Chief Human Resource Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni, mengatakan, penghargaan ini adalah bukti komitmen Indosat untuk membangun organisasi yang siap menghadapi masa depan.

Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional dan mencerminkan kepedulian kami, tetapi juga mempersiapkan karyawan kami untuk lebih gesit dalam menerapkan teknologi canggih di operasional Indosat.

"Karyawan seharusnya melihat AI bukan sebagai ancaman, tetapi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kerja mereka dan, yang lebih penting, sebagai keunggulan kompetitif yang meningkatkan nilai mereka sebagai talenta. Kami percaya bahwa teknologi harus sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan menjadi solusi digital yang memberikan dampak positif bagi semua," ucap Irsyad, dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/9/2024).

Penerapan teknologi berbasis machine learning dan generative AI juga digunakan untuk mengembangkan Career Simulator, yang dapat membantu karyawan merencanakan karir agar lebih terarah.

Alat ini dapat merekomendasikan program pengembangan yang tepat untuk mencapai tujuan karir.

Dengan adanya AI empatik ini, karyawan dapat lebih fokus pada pekerjaan strategis, pengembangan diri, memperkuat relasi, dan mencapai kesejahteraan yang lebih seimbang.

Sebagai hasilnya, tingkat kepuasan karyawan mencapai 94 persen dan Employee Net Promoter Score (eNPS) yang tinggi mencerminkan loyalitas dan komitmen yang tinggi kepada perusahaan.

Stevie International Business Awards adalah program penghargaan global yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi yang berbasis di Amerika Serikat. Penghargaan ini mengakui prestasi dalam berbagai aspek di tempat kerja di lebih dari 60 negara.

Penilaian dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari eksekutif dan profesional terkemuka dari seluruh dunia.

"Penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk terus menghadirkan inovasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang terbaik. Hal ini merupakan bagian proses internalisasi cita-cita transformasi Indosat menjadi AI Native TechCo," tutup Irsyad.

Editor: Surya