Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebagian Besar Kota Besar di Indonesia Berawan Tebal, Tanjungpinang Berpotensi Hujan Ringan
Oleh : Redaksi
Senin | 02-09-2024 | 09:44 WIB
hujan_ringan_5.jpg Honda-Batam
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian wilayah kota besar di Indonesia berawan tebal pada Senin (2/9/2024).

Prakirawan BMKG Dendi Rona P pada kanal Youtube yang diikuti di Jakarta menyampaikan bahwa dimulai dari wilayah Sumatera, untuk wilayah Pekanbaru, Padang, dan Tanjungpinang cuaca berpotensi hujan ringan.

Sedangkan Banda Aceh diprediksi berawan, serta wilayah Medan diprediksi hujan sedang.

"Masih di wilayah Sumatera, untuk wilayah Jambi dan Pangkal Pinang diprediksi berawan tebal," katanya.

Kemudian, wilayah Medan dan Lampung diprediksi berudara kabur, sedangkan di wilayah Bengkulu terdapat potensi hujan ringan.

Sementara itu, Pulau Jawa, untuk Kota Serang diprediksi berawan, sedangkan Jakarta dan Bandung diprediksi berawan tebal.

"Untuk wilayah Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya diprediksi berudara kabur," ucapnya.

Selanjutnya, Pulau Bali serta Nusa Tenggara, wilayah Denpasar diprediksi cerah berawan, Kupang diprediksi berawan, dan Mataram diprediksi berawan tebal.

"Kemudian Pulau Kalimantan, untuk wilayah Banjarmasin dan Palangka Raya diprediksi berawan, sedangkan Pontianak dan Samarinda diprediksi berawan tebal, sedangkan perlu diwaspadai hujan disertai dengan kilat dan petir di wilayah Tanjung Selor," ujarnya.

Selanjutnya, di Pulau Sulawesi, untuk wilayah Makassar dan Kendari diprediksi berawan, sedangkan Mamuju dan Palu berpotensi hujan ringan.

"Sementara Kota Gorontalo dan Manado berpotensi berawan tebal," tuturnya.

Berikutnya, wilayah Indonesia bagian timur, potensi hujan ringan terdapat di Ternate, Manokwari, dan Jayapura. "Sementara di Kota Sorong, Nabire, dan Jayawijaya berpotensi hujan dengan intensitas sedang," kata dia.

Masyarakat di wilayah Ambon dan Merauke diminta waspada potensi hujan disertai kilat dan petir. Untuk suhu udara, umumnya berkisar antara 16-36 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 37-99 persen.

Editor: Surya