Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Minta Kepala Daerah Kembangkan Ekonomi Kreatif
Oleh : si
Kamis | 18-10-2012 | 13:05 WIB
gamawan.jpg Honda-Batam

PKP Developer


Mendagri Gamawan Fauzi

JAKARTA, batamtoday - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meminta Kepala Daerah, baik itu Gubernur, Bupati dan Walikota selalu berupaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya.



Upaya pengembangan tersebut harus berorientasi pada peningkatan daya saing dan ketahanan ekonomi daerah.

"Langkah kongkretnya, harus ada regulasi dan pengalokasian anggaran yang terkait dengan upaya pengembangan ekonomi kreatif itu," tersebut," kata Gamawan, dalam sambutannya pada pembukaan, Ekspo Ekonomi Kreatif, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (18/10/2012).

Dalam acara yang diselenggarakan Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kemendagri, tersebut, menambahkan bahwa pemberdayaan itu bukan ditujukan untuk kepentingan individual, tapi harus dilakukan secara kolektif, dalam arti agar dapat memberikan dampak positif bagi rakyat banyak.

Dirjen PMD Tarmizi A Karim mengatakan  Ekspo tersebut merupakan salah satu upaya untuk makin menumbuhkan dan meningkatkan ekonomi kreatif di pedesaan. Event ini merupakan upaya membuka akses produk ekonomi kreatif dari daerah dan desa ke pasar.

"Dengan adanya ekspo ini, maka diharapkan produsen bertemu konsumen, sehingga tercipta pasar bagi produk ekonomi kreatif rakyat. Sasaran ekspo ini adalah masyarakat pelaku ekonomi kreatif di pedesaan yang mendayagunakan potensi lokalnya," kata Tarmizi.

Ekspo tersebut dlaksanakan pada 18 sampai 21 Oktober 2012.