Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Optimalkan Pengamanan Pilkada, Polres Karimun Gelar TFG Pra Operasi Mantap Praja Seligi 2024
Oleh : Freddy
Rabu | 28-08-2024 | 20:04 WIB
TFG-Pengamanan-Pemilu1.jpg Honda-Batam
TFG Pra Operasi Mantap Praja Seligi 2024 Polres Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menggelar Tactical Floor Game (TFG) sebagai bagian dari Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja Seligi 2024 dalam upaya mempersiapkan pengamanan yang optimal tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Karimun, Rabu (21/8/2024).

Kabag Ops Polres Karimun, Kompol Shalahuddin mengatakan bahwa pelaksanaan TFG ini merupakan kesiapan untuk menghadapi Pilkada Serentak di Kabupaten Karimun. Maka simulasi realistis situasi maupun objek-objek pengamanan yang dirancang dengan miniature sebagai gambaran langkah-langkah strategis untuk menghadapi kemungkinan berbagai tantangan dan skenario yang mungkin terjadi selama masa pemilihan.

Selain itu juga sebagai langkah penting dalam menyamakan persepsi serta meningkatkan koordinasi di antara seluruh personel pengamanan yang terlibat dalam Ops Mantap Praja 2024.

"Setiap satuan tugas wajib sudah siap dalam menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada, sehingga kami dapat menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sebagaimana harapan kita semua khususnya di wilayah hukum Polres Karimun," ujar Kompol Shallahudin.

Dalam kegiatan TFG ini berbagai skenario potensi gangguan keamanan selama pilkada diperagakan secara rinci, mulai dari tahap kampanye hingga pemungutan dan penghitungan suara. Setiap satuan tugas di bawah Polres Karimun dilibatkan secara aktif untuk memperagakan langkah-langkah pengamanan yang sesuai dengan peran dan tanggung jawab masing-masing.

"Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel kami, sehingga kami dapat merespon dengan cepat dan tepat terhadap setiap situasi yang ada di lapangan, dan juga perlu sinergi dukungan dari seluruh elemen stakeholder, TNI/Polri, hingga Organisasi masyarakat guna tercapai siskamtibmas yang kondusif sehingga terwujud pemilukada 2024 yang sejuk dan damai," tutupnya.

Editor: Yudha