Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri Terjunkan 372 Personel Amankan Proses Pendaftaran Balon Gubernur Kepri 2024
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 28-08-2024 | 14:44 WIB
kompol-hadi.jpg Honda-Batam
Kabag Ops Polresta Tanjungpinang, Kompol Hadi Sucipto. (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tahapan pendaftaran bakal calon Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) pada Pilkada Serentak 2024 telah berlangsung dengan antusiasme tinggi di Kantor KPU pada Rabu (28/08/2024).

Masyarakat memadati area Kantor KPU Kepri di Kota Tanjungpinang, menunjukkan tingginya partisipasi dan minat terhadap proses demokrasi ini.

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pendaftaran, Polresta Tanjungpinang melalui Operasi Mantap Praja Seligi 2024, melaksanakan pengamanan ketat serta rekayasa lalu lintas di sekitar area Kantor KPU Provinsi Kepri.

Kabag Ops Polresta Tanjungpinang, Kompol Hadi Sucipto, menyampaikan sebanyak 372 personel Polri dari Polda Kepri dan Polresta Tanjungpinang telah dikerahkan untuk memastikan jalannya tahapan pendaftaran tersebut berjalan aman dan tertib. "Sebanyak 372 personel Polri dikerahkan hari ini, terdiri dari 152 personel Polda Kepri dan 215 personel dari Polresta Tanjungpinang," ujarnya.

Pengamanan dilakukan di beberapa titik strategis, termasuk di Hotel CK, tempat berlangsungnya Deklarasi Pemilu Damai oleh bakal calon Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad serta di Pelabuhan Ferry Internasional SBP Tanjungpinang untuk menyambut kedatangan bakal calon Gubernur Kepri, H Muhammad Rudi. Pengamanan juga dilakukan di depan perumahan Pinang Mas Bintan Centre, yang merupakan lokasi rumah pemenangan pasangan H Muhammad Rudi, sebelum akhirnya berfokus pada Kantor KPU Provinsi Kepri untuk proses pendaftaran.

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di sekitar Kantor KPU Provinsi Kepri, personel Polri melakukan sterilisasi jalur dan rekayasa lalu lintas agar tetap lancar dan aman. "Di depan Kantor KPU Kepri, kami pastikan arus lalu lintas steril hingga selesai tahapan pendaftaran," tegas Kompol Hadi.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan antara lain mengarahkan arus dari arah Hotel CK menuju TCC untuk berputar dan kemudian ke Jalan Raja Haji Fisabilillah. Sementara itu, arus dari arah Polresta diarahkan ke jalan bundaran depan Kantor KPU Provinsi Kepri dan kemudian menuju Hotel CK.

Operasi pengamanan dan rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memastikan kelancaran tahapan pendaftaran bakal calon Gubernur Kepri, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang terlibat dalam proses demokrasi ini.

Editor: Gokli