Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perwakilan Indonesia Rebut Juara II Kompetisi Menulis Surat Remaja Internasional 2024
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-08-2024 | 12:04 WIB
juara-II.jpg Honda-Batam
Perwakilan Indonesia merebut Juara II dalam ajang 53rd International Letter Competition for Young People 2024. (Kominfo)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perwakilan Indonesia merebut Juara II dalam ajang 53rd International Letter Competition for Young People 2024 atau Kompetisi Menulis Surat Remaja Internasional 2024 yang diselenggarakan Universal Postal Union (UPU).

Nayra Novelia Kusuma, siswi SMP Telkom Bandung, berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional sebagai Juara II.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto, menyatakan prestasi ini membuktikan generasi muda Indonesia memiliki potensi besar dalam ajang internasional untuk membangun masa depan yang lebih baik.

"Prestasi ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang literasi dan pemikiran kritis," ungkapnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (23/08/2024), demikian dikutip laman Kominfo.

Dirjen Wayan Toni berharap agar prestasi ini dapat menginspirasi generasi muda lain untuk terus berkarya dan berkiprah di ajang kompetisi internasional. "Kami berharap pencapaian ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi anak muda Indonesia untuk aktif berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik," ungkapnya.

Dirjen PPI Kementerian Kominfo menjelaskan, sebelumnya Nayra menjadi Juara I Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pos, Ditjen PPI Kementerian Kominfo pada Maret 2024.

"Lomba Menulis Surat Remaja Nasional merupakan salah satu bentuk komitmen Kominfo dalam mendorong minat baca dan menulis di kalangan generasi muda. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk memperkuat solidaritas antar generasi dalam membangun masa depan yang berkelanjutan," tuturnya.

Dalam ajang yang diikuti oleh 149 perwakilan negara anggota UPU, karya Nayra berhasil membuat Dewan Juri terkesan dan dinobatkan sebagai Juara II. "Pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Indonesia, sekaligus membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki kreativitas dan kemampuan yang luar biasa dalam mengekspresikan pemikiran mereka," ujar Dirjen Wayan Toni.

'Tulislah Surat Kepada Generasi Mendatang Tentang Dunia Yang Anda Harap Mereka Warisi' menjadi tema 53rd International Letter Competition for Young People 2024. Pemilihan tema itu ditujukan untuk mendorong peserta untuk merenungkan tantangan global dan menawarkan solusi inovatif. Melalui suratnya, Nayra berhasil menyampaikan pesan yang inspiratif dan relevan dengan isu-isu terkini baik di Indonesia maupun global.

Sebagai bentuk apresiasi UPU, Nayra beserta satu orangtua atau pendamping akan diundang oleh Universal Postal Union untuk menghadiri acara puncak Hari Pos Sedunia pada tanggal 9 Oktober 2024 di Bern, UPU Headquarter. Dalam acara tersebut, Nayra akan membacakan hasil karyanya dan menerima penghargaan berupa medali perak serta hadiah lain.

Editor: Gokli