Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahlil Dilantik Jadi Menteri ESDM, Supratman Jabat Menkumham Gantikan Yasonna Laoly
Oleh : Redaksi
Senin | 19-08-2024 | 16:24 WIB
Lantik-Bahlil2.jpg Honda-Batam
Presiden Jokowi lantik Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

BSelain jajaran menteri dan wakilnya, Jokowi juga mengangkat sejumlah kepala lembaga baru, termasuk lembaga yang baru dibentuk yaitu Badan Gizi Nasional.

Berikut daftar menteri, wakil menteri dan kepala lembaga yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Menkumham Supratman Andi Agtas
Jokowi resmi melantik Supratman Andi Agtas menjadi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) menggantikan Yasonna Laoly di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8).

Pria kelahiran Soppeng, 28 September 1969 itu merupakan politikus Partai Gerindra. Supratman menjabat sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

Supratman baru digantikan oleh Wihadi Wiyanto, koleganya sesama Partai Gerindra dari posisi Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR pada 6 Agustus lalu.

2. Menteri Investasi/BKPM Rosan Roeslani
Rosan Roeslani resmi dilantik Jokowi sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM baru, menggantikan posisi Bahlil Lahadalia.

Rosan merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 lalu. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN.

3. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia
Jokowi resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM baru di Kabinet Indonesia Maju. Bahlil yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi, kini mengisi posisi tersebut menggantikan posisi Arifin Tasrif.

Bahlil dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 92/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

4. Wamenkominfo Angga Raka Prabowo
Angga Raka Prabowo diangkat menjadi Wamenkominfo. Angga Raka menjadi Wamenkominfo kedua, sementara yang pertama adalah Nezar Patria yang dilantik pada pertengahan Juli 2023.

Wamenkominfo merupakan jabatan baru yang dibentuk Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditandatangani pada 17 April 2023.

5. Kepala BPOM Taruna Ikrar
Presiden Jokowi resmi melantik Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (18/8). Pelantikan ini berdasarkan Keppres Nomor 115/TPA Tahun 2024.

Taruna Ikrar dilantik menggantikan posisi Kepala BPOM yang semula dijabat Rizka Andalusia. Taruna Ikrar merupakan dokter dan ilmuwan di bidang farmasi, jantung, dan syaraf.

6. Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana
Dadan menjadi kepala Badan Gizi pertama setelah lembaga baru ini dibentuk Jokowi beberapa waktu lalu. Pelantikan ini berdasarkan Keppres Nomor 115/TPA Tahun 2024. Dadan merupakan dosen di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor atau IPB.

7. Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi
Jokowi resmi menunjuk Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan sekaligus juru bicara presiden hari ini.

Pada Pilpres 2024, Hasan Nasbi masuk dalam jajaran juru bicara TKN Prabowo-Gibran.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha