Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terbakar di Tanjungpinggir, TB Ganesa Ternyata Kapal 'Siluman'
Oleh : hz/dd
Rabu | 17-10-2012 | 13:50 WIB
kapal-terbakar-4.jpg Honda-Batam
Kapal TB Ganesha Karya saat dilalap si jago merah di perairan Tanjungpinggir. (foto:irw/btd) 

BATAM, batamtoday - Kapal TB Ganesha Karya, yang terbakar di perairan Tanjungpinggir Sekupang sekitar pukul 12.00 WIB pada Selasa (9/10/2012) lalu, ternyata tak jelas siapa pemiliknya alias siluman. Bahkan, nama kapal tesebut tak ada di database Kanpel Batam, hingga penanganan kasusnya pun hingga saat ini belum ada kejelasan.


Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam juga mengaku kecolongan soal keberadaan kapal tersebut di perairan Tanjungpinggir, karena tak memiliki data tentang kapal naas tersebut.

"Hingga kini kami masih menyelidiki kasus ini, sebab data kapal itu tak terdaftar di database kami," kata Kabid Syahbandar Kanpel Batam, John Kennedy, kepada portal ini, Rabu (17/10/2012).

Kennedy juga memastikan kalau TB Ganesha Karya sama sekali tak mengantongi SPB (Surat Persetujuan Berlayar), sebab pihaknya tidak pernah memberikan izin berlayar kepada kapal tersebut.

"Kami tak mengetahui nama kapal yang terbakar itu, sebab kami tak pernah mengeluarkan SPB kepada kapal itu," terangnya.

Disinggung, siapa pemilik dan perusahaan mana yang menjadi agen kapal naas itu, Kennedy menegaskan, pihaknya hingga saat ini tak mengetahui. "Sampai kini kami tak tahu siapa pemiliknya, sebab ABK kapal kabur saat kejadian. Agen kapalnya juga tak terlacak sama kami," ungkapnya.

Kennedy menambahkan, kewenangan dari Kanpel untuk mengeluarkan SPB hanya terhadap kapal di atas 7 GT. Dan dari pemeriksaan data nama dan pendaftaran, kapal TB Ganesha Karya tak tersimpan di database Kanpel Batam.

"Dari 5.000 SPB yang kita keluarkan sepanjang tahun ini tak ada terlihat SPB atas nama TB Ganesha Karya ini," pungkasnya.

Hingga kini bangkai kapal tersebut masih terparkir di perairan Tanjungpinggir, dan masih dalam pengawasan pihak Kanpel Batam.