Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga RT 03 Perumahan Villa Diamond Sekupang Sukses Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-79
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 17-08-2024 | 15:08 WIB
villa-diamon-HUT-RI.jpg Honda-Batam
Upacara pengibaran Bendera Merah Putih, memperingati HUT RI ke-79 di Perumahan Villa Diamon, Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Sabtu (17/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 dimanfaatkan oleh masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan, untuk menumbuhkan semangat perjuangan kepada generasi muda.

Seperti halnya di Perumahan Villa Diamond Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, khususnya di RT003/RW020, yang mengadakan peringatan kemerdekaan dengan penuh kekompakan.

Perangkat RT, RW, tokoh masyarakat dan agama, bersama-sama melaksanakan Upacara Kemerdekaan yang dimulai pukul 08.00 WIB. Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin oleh Ketua RT003, Agung Vedel Castro, sebagai Pembina Upacara.

Ketua Pemuda, Sukirno alias Aseng, berperan sebagai pemimpin upacara, dengan Rudi dan Nipri sebagai pemimpin barisan. Bendera Merah Putih dikibarkan oleh anggota PKK yaitu Rosita Ismaelia Putri, Eli, dan Dewi Nita.

Dalam prosesi upacara, Edianto Damanik membacakan teks UUD 1945, Rahmad Hidayat bertindak sebagai ajudan Pembina Upacara, dan Sari memimpin lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hanum berperan sebagai pembawa acara, sementara Lisanuddin membacakan doa. Upacara ini diikuti oleh warga sekitar sebagai peserta.

Agung Vedel Castro menyampaikan pesan perjuangan dengan pekik semangat, "Merdeka! Merdeka! Merdeka! setelah sebelumnya memberikan salam kepada para hadirin. "Ini adalah momen yang sangat istimewa bagi seluruh bangsa Indonesia. Atas rahmat Allah SWT, kita dapat merasakan kemerdekaan yang kini menginjak 79 tahun. Kemerdekaan ini adalah hasil perjuangan panjang para pahlawan bangsa," ujar Agung, Sabtu (17/8/2024).

Ia juga berharap, peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat, terutama di RT 003, untuk mencontoh sikap para pahlawan yang rela berkorban tanpa pamrih dan menjunjung tinggi persatuan demi kemajuan bersama.

Di balik kesuksesan pelaksanaan Upacara Kemerdekaan ini, terdapat peran aktif sejumlah warga yang juga merupakan anggota Polri dari Polresta Barelang dan Polda Kepri. Para anggota Polri ini terlibat langsung dalam persiapan upacara, bekerja sama dengan perangkat RT, tokoh masyarakat, dan agama. Semangat gotong royong yang mereka tunjukkan mencerminkan sikap para pejuang kemerdekaan.

Anggota Brimob Polda Kepri, Satlantas Polresta Barelang, Babinkamtibnas Polresta Barelang, Ditreskrimum Polda Kepri, dan Ditnarkoba Polda Kepri di liingkungan ini turut meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan setiap malam menjelang upacara, meski mereka telah menjalankan tugas keseharian sebagai anggota Polri. Sikap mereka yang bersinergi dengan masyarakat menunjukkan teladan dalam mendukung kegiatan sosial dan keagamaan di lingkungan RW 020 dalam menciptakan Kamtibnas yang damai.

Upacara Kemerdekaan yang pertama kali digelar di Villa Diamond ini menjadi momentum penting dalam menanamkan semangat kebangsaan dan nilai-nilai perjuangan di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Editor: Gokli