Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Seorang Pria Akhiri Hidup di Jembatan 1 Barelang
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 16-08-2024 | 12:44 WIB
jasad-bundir.jpg Honda-Batam
Polisi saat mengevakuasi jasad pria yang melocat dari Jembatan 1 Barelang di Perairan Pulau Buluh pada Kamis (15/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasus bunuh diri Jembatan 1 Barelang, kembali terulang. Kali ini, seorang pria berusia 26 tahun nekat melompat dari atas jembatan ke dasar laut hingga akhirnya tewas.

Pria bernama Cahya Amirahmadi merupakan warga Kecamatan Sekupang. Ia dilaporkan nekat mengakhiri hidupnya di Jembatan 1 Barelang dengan cara meloncat pada Rabu (14/8/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.

Jasad Cahaya baru ditemukan 1 hari setelah melakukan aksi nekat di Perairan Pulau Buluh. Penemuan jenazah pria membuat heboh warga setempat.

"Jenazahnya mengapung dekat keramba milik warga," ungkap Jumari, warga setempat.

Saat ditemukan jasad Cahaya masih utuh termasuk pakaian yang dikenakannya. "Pakai celana jeans dan kemeja belang. Masih baru (belum membusuk)," imbuhnya.

Temuan jenazah ini mulanya dilaporkan ke Polsek Bulang, kemudian ditindak lanjut Polsek Sagulung karena belakangan baru diketahui jika jasad tersebut adalah pria yang loncat dari Jembatan I Barelang.

Kanit Reskrim Polsek Sagulung, Ipda Husnul, membenarkan jenazah tersebut adalah pria yang meloncat dari Jembatan 1 Barelang. "Iya, itu yang motornya ditinggalkan di Jembatan 1. Sudah kita cek sama keluarga dan memang dia," kata Ipda Husnul.

Untuk kepentingan penyelidikan jasad korban dievakuasi dan dibawa ke RS Bhayangkara Polda Kepri di Kecamatan Nongsa. "Korban ini orangnya pendiam. Jarang menceritakan persoalannya dengan keluarga. Keluarga juga bingung apa persoalan dia sampai loncat bunuh diri seperti itu," ujar Husnul.

Belakangan ini kerap terjadi aksi bunuh diri di Jembatan 1 Barelang. Tiga bulan terakhir sudah mendekati 20-an korban. Korban kebanyakan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Jajaran Polresta Barelang telah berupaya keras mencegah aksi bunuh diri tersebut dengan rutin melakukan patroli pengawasan dan pemasangan spanduk imbauan untuk tidak bunuh diri di sepanjang lokasi jembatan. Namun aksi ini tetap terjadi hingga saat ini.

Polisi kembali mengingatkan masyarakat untuk lebih bijak menghadapi persoalan hidup. Bunuh diri bukan solusi. Berusahalah lebih tegar untuk menyelesaikan semua persoalan yang ada.

Editor: Gokli